Standar Ukuran Lapangan Tenis Meja (Spesifikasi Bola, Bet dan Net)

Permainan tenis meja atau yang sering juga disebut juga permainan bola pingpong adalah salah satu jenis olahraga yang disukai masyarakat Indonesia. Jangan bayangkan ukuran lapangan tenis meja seperti lapangan cabang olahraga lain pada umumnya.

Permainan ini tidak harus membutuhkan space atau tempat yang luas seperti olahraga lainnya dan dapat dimainkan di dalam ruangan.

√ Lapangan Tenis Meja | Standar Ukuran Luas-Spesifikasi Bola, Bet & Net
tabletenniscoach.me.uk

Karena hanya membutuhkan meja dengan ukuran tertentu serta bola pingpong yang kecil dan ringan. Kita sudah bisa menikmati olahraga yang menyenangkan dan tentunya menyehatkan. Itulah alasannya mengapa olahraga ini banyak digemari.

Di dalam permainan tenis meja (pingpong) ada beberapa hal yang perlu diketahui dan dipahami. Terutama adalah tentang standar ukuran lapangan permainan ini sendiri, berikut adalah penjelasannya.


Ukuran Lapangan Tenis Meja


√ Lapangan Tenis Meja | Standar Ukuran Luas-Spesifikasi Bola, Bet & Net
pingpongnow.com

Sesuai dengan namanya, lapangan tenis meja terbuat dari kayu dengan ukuran yang sudah ditentukan, kemudian dibuat sedemikian rupa menjadi lapangan.

Ukuran lapangan tenis meja sendiri tidaklah terlalu luas. Tujuannya selain dapat digunakan di dalam ruangan adalah membuat kita atau para pemain lebih leluasa.

Namun menurut standar (baik nasional atau internasional), lapangan tenis meja memiliki ukuran (dalam satuan cm) yaitu panjang 274 cm, lebar 152 cm, tinggi meja 76 cm, panjang net meja 183 cm serta tinggi net 15,25 cm.

Selanjutnya kita akan sekilas membahas juga tentang bola dan bet dalam tenis meja.

Bola Tenis Meja

√ Lapangan Tenis Meja | Standar Ukuran Luas-Spesifikasi Bola, Bet & Net
kajianpustaka.com

Bola yang digunakan dalam permainan ini dikenal dengan sebutan bola pingpong. Biasanya berwarna putih atau orange yang memiliki diameter kurang lebih 40 mm dan dengan berat 2,7 gram.

Dalam memilih bola pinpong atau tenis meja, pilihlah bola dengan gambar bintang yang paling banyak. Biasanya terdapat gambar bintang pada bola, ada yang 1, 2 dan 3.

Nah biasanya bola berbintang 3 ini sering digunakan dalam turnamen nasional. Karena diyakini sebagai kualitas tingkat tertinggi bola pingpong atau bola tenis meja.

Bet

√ Lapangan Tenis Meja | Standar Ukuran Luas-Spesifikasi Bola, Bet & Net
tokopedia.com

Bet atau sering disebut dengan raket ini tidak memiliki standar berat dan bentuk. Namun yang terpenting adalah daun bet haruslah datar dan kaku serta daun bet yang digunakan untuk memukul bola harus ditutupi karet licin atau halus.

Net

√ Lapangan Tenis Meja | Standar Ukuran Luas-Spesifikasi Bola, Bet & Net
satujam.com

Standar net dalam permainan tenis meja yaitu net haruslah terpasang pada tiang penyangga yang dipasang dengan perpanjangan dari sisi meja sepanjang 15,25 cm serta tinggi net juga tidak boleh lebih dari 15,25 cm.

Catatan terpenting net yang terpasang pada meja tenis haruslah rapat dan menyentuh dasar meja. Jangan sampai ada celah yang mengakibatkan net mengambang dari meja karena bisa mengganggu jalannya permainan tenis meja.

Ukuran standar lapangan ini untuk mejadi patokan agar lapangan tenis meja di semua negara menjadi serasi sehingga mempermudah jalannya pertandingan, jika diadakannya turnamen tenis meja nasional maupun internasional.

Keyword: Ukuran lapangan tenis meja

Originally posted 2021-02-07 12:41:07.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.