Pengertian Globalisasi dan Pengaruhnya terhadap Kehidupan Masyarakat

Secara etimologi, pengertian globalisasi adalah kata yang diambil dari “globalize” atau global yang memiliki arti umum atau universal.

Atau di dalam bahasa inggrisnya “globalization” dari kata “globe” yang memiliki arti dunia atau bumi. Sedangkan “ization” di dalam bahasa Inggris yang memiliki arti proses atau “sasi” yang berarti proses.

Jadi saat dua kata ini digabung jadi akan memperoleh arti proses mendunia atau proses dari sesuatu yang mendunia.


Pengertian Globalisasi


Dan dapat juga diartikan sebagai proses yang merupakan gaya hidup, informasi, pemikiran, maupun teknologi yang mendunia.

Dengan adanya globalisasi ini juga memberikan pengaruh terhadap gaya hidup masyarakat, berikut beberapa pengaruh globalisasi terhadap gaya hidup masyarakat:

1. Sikap yang Individualis

√ Pengertian Globalisasi dan Pengaruhnya terhadap Kehidupan Masyarakat
kompasiana.com

Individualisme bukanlah salah satu ciri yang sangat khas dari masyarakat Indonesia dulunya, melainkan kebiasan yang selalu bergotong royong.

Tapi, dengan adanya pengaruh globalisasi dan modernisasi membuat sebagian masyarakat Indonesia menjadi individualis.

Pergeseran gaya hidup tidak terjadi segampang itu, tapi lewat proses yang sangat panjang menjadi dampak dari globalisasi.

Masyarakat yang sudah terkena sikap yang individualis biasanya tidak peduli dengan lingkungan sekitarnya.

2. Kurangnya Bersosialisasi

√ Pengertian Globalisasi dan Pengaruhnya terhadap Kehidupan Masyarakat
hitekno.com

Hal ini masih berkaitan dengan poin yang pertama, biasanya orang yang individualis pasti akan kurang melakukan sosialisasi dengan orang yang ada disekitarnya.

Pengaruh globalisasi ini bisa membuat seseorang menjadi anti sosial dan akan canggung jika bertemu dnegan orang lain.

Perilaku orang yang kurang sosialisasi ini lebih merugikan orang lain karena sering tidak peduli dengan norma yang ada di tengah masyarakat.

Pada umumnya orang yang kurang sosialisasi di masyarakat akan lebih memilih dunia maya yang menjadi tempat untuk melakukan sosialisasi, menjadikan mereka betah di depan komputer dan gadget mereka sendiri.

3. Lupa akan Budaya dan Tradisi

√ Pengertian Globalisasi dan Pengaruhnya terhadap Kehidupan Masyarakat
twitter.com

Pada setiap suku bangsa yang ada di negara Indonesia ini mempunyai budaya dan tradisi yang berbeda beda. Ini merupakan salah satu kekayaan dan keunikan Indonesia yang luntur dikarenakan pengaruh dari globalisasi.

Misalnya, apabila dulu anak sekolah mendapat pelajaran menyanyikan lagi lagu daerah dan juga lagu nasional, sekarang sebagian sekolah sudah tidak lagi mengajarkan hal tersebut dikarenakan mereka menganggap sudah ketinggalan zaman.

4. Penampilan yang Berubah

√ Pengertian Globalisasi dan Pengaruhnya terhadap Kehidupan Masyarakat
maxmanroe.com

Globalisasi juga memberikan pengaruh mengenai cara seseorang berpenampilan. Salah satunya dengan biasa mewarnai rambut menjadi warna pirang karena ingin seperti orang barat.

Ada beberapa perubahan pergeseran penampilan yang dikarenakan dari globalisasi, yaitu seperti pemakaian anting untuk laki laki, mengikuti gaya trend busana dari negara lain, mengikuti gaya rambut artis luar negeri, dan masih banyak lagi.

5. Timbulnya perilaku Hedonism

√ Pengertian Globalisasi dan Pengaruhnya terhadap Kehidupan Masyarakat
dictio.id

Perilaku hedonism merupakan salah satu gaya hidup yang disebabkan oleh pengaruh globalisasi yaitu kebiasaan belanja.

Beragam teknologi dan kemudahan untuk berbelanja diberikan kepada masyarakat dengan gratis menjadikan sifat konsumerisme dan hedonism.

Informasi mengenai produk dari beragam media online, baik dalam media sosial, mesin pencari, market place.

Dan situs situs seperti e-commerce menjadikan sebagian orang akan menjadi suka dengan belanja. Menghabiskan uang dengan berbelanja untuk menyenangkan diri akan dianggap menjadi hal yang wajar.

Dengan adanya globalisasi yang telah terjadi di seluruh bagian dunia memiliki dampak untuk bidang sosial budaya dari suatu bangsa.

Awalnya, globalisasi hanya dirasakan di kota kota besar di Indonesia saja. Tapi karena adanya kemajuan teknologi, komunikasi, informasi, dan juga transportasi.

Globalisasi juga sudah tersebar secara luas dan juga cepat telah membawa pengaruh bagi masyarakat.

Keyword: Pengertian Globalisasi

Originally posted 2021-01-14 13:44:48.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.