Pengertian Geografi, Konsep, serta Kaitannya dengan Lingkungan

Salah satu mata pelajaran yang wajib dipelajari ketika duduk di bangku sekolah adalah pelajaran geografi. Jadi tentu teman-teman sudah tahu dong pengertian geografi itu sendiri.

Geografi merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang permukaan dan iklim yang ada di bumi, mempelajari tentang penduduk, mempelajari tentang flora dan fauna dan juga sumber daya di bumi.

Di dalam ilmu geografi, segala hubungan tentang sebab dan akibat antara manusia dan lingkungan yang ada di permukaan bumi semuanya dipelajari disini.

Ditinjau dari segi etimologis, geografi sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu “geo” yang artinya bumi dan “graphein” yang artinya tulisan ataupun menjelaskan.

Dilihat dari asal dan usul katanya, bisa ditarik suatu kesimpulan dimana geografi sendiri merupakan ilmu pembelajaran mengenai lokasi, pembelajaran tentang persamaan, perbedaan variasi keruangan serta fenomena fisik di bumi.


Pengertian Geografi Menurut Para Ahli


√ Pengertian Geografi, Konsep, serta Kaitannya dengan Lingkungan
geografi.org

Tidak hanya berdasarkan etimologinya, pengertian geografi menurut para ahli juga dapat membantu kita semua agar bisa memahami lebih jauh tentang geografi itu sendiri.

Ahli pertama yaitu Bintarto mengatakan jika geografi sendiri merupakan ilmu yang di dalamnya mempelajari hubungan sebab akibat tentang gejala yang ada di permukaan bumi.

Baik itu sifatnya fisik ataupun juga menyangkut makhluk hidup sekaligus juga menyelidiki permasalahan lewat pendekatan keruangan, pendekatan kelingkungan dan regional.

Dengan tujuan untuk kepentingan program, proses dan juga kesuksesan pembangunan.

Pengertian geografi menurut Ikatan Geografi Indonesia (IGI) mengatakan jika geografi sendiri merupakan ilmu yang di dalamnya mempelajari tentang persamaan dan juga perbedaan fenomena georfer lewat sudut pandang wilayah dan lingkungan dalam konteks keruangan.

Menurut Erathostenes, geografi adalah gambaran atau tulisan tentang bentuk permukaan bumi.

Yang keempat menurut Caludius yang menyebut jika geografi merupakan salah satu bentuk dari penyajian peta tentang sebagian dan seluruh bentuk yang ada di muka bumi.

Pengertian geografi menurut Basri Mustofa yang menyebut jika geografi sebagai ilmu yang berisi tentang uraian permukaan bumi, iklim, penduduk, flora dan fauna dan juga hasil bumi.


Konsep Geografi


√ Pengertian Geografi, Konsep, serta Kaitannya dengan Lingkungan
travel.tribunnews.com

Selain pengertian geografi menurut para ahli di atas, kita juga harus tahu konsep dari geografi yang seringkali digunakan.

Konsep geografi sendiri adalah sekelompok fenomena untuk menggambarkan dan menyelidiki berbagai gejala dan fenomena yang sama.

Konsep geografi sendiri terdiri dari konsep lokasi yang digunakan untuk menyelidi fenomena geosfer.

Ada juga konsep jarak dimana pada konsep ini digunakan untuk menghitung berapa panjang dari lokasi atau waktu diantara dua lokasi dan dua objek.

√ Pengertian Geografi, Konsep, serta Kaitannya dengan Lingkungan
jurusankuliah.info

Konsep ketiga adalah konsep keterjangkauan dimana konsep ini digunakan untuk menentukan muda atau tidak lokasi tersebut ditemput. Konsep ini sangat berkaitan dengan konsep jarak, lokasi, kondisi dari tempat dan lain-lain.

Ada juga konsep pola dimana pada konsep ini terdapat bentuk, struktur, penyebaran fenomena geografis yang ada di bumi baik itu fisik ataupun juga sosial.

Konsep geomorfologi yang berkaitan dengan bentuk muka bumi, ada juga konsep aglomerasi, konsep nilai kegunaan dan masih banyak lagi konsep geografi yang sering digunakan.

Tadi dalam kaitannya pada lingkungan, gegografi juga mengkaji ruang lingkup seperti lingkungan fisik. Lingkungan ini disebut sebagai lingkungan abiotik karena di dalamnya terdapat lingkungan fisik yang sifatnya tak hidup.

Ada lingkungan biologis yang meliputi unsur yang hidup di bumi, lingkungan sosial yang berkaitan dengan kehidupan yang ada di bumi yang diwujudkan lewat tindakan ataupun kegiatan.

Baik itu berhubungan dengan lingkungan atau hubungan diantara manusia itu sendiri.

Semoga artikel tentang pengertian geografi kali ini dapat bermanfaat!

Keyword: Pengertian Geografi

Originally posted 2021-01-14 13:43:42.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.