Standar Ukuran Lapangan Tenis (International Tennis Federation)

Tenis adalah salah satu jenis olahraga yang juga banyak digemari oleh masyarakat. Ukuran lapangan tenis hampir sama dengan lapangan buku tangkis.

Olahraga ini dikenal sebagai olahraga yang humble dengan arti olahraga ini dapat di mainkan oleh semua kalangan dan tingkat usia.

√ Standar Ukuran Lapangan Tenis Menurut International Tennis Federation
sport.tempo.co

Bahkan orang yang sedang duduk di kursi roda pun masih dapat melakukan permainan olahraga tenis ini dengan baik, menyenangkan, dan tentunya menyehatkan.

Sebenarnya permainan olahraga ini tidak jauh berbeda dengan permainan bulutangkis namun terdapat perbedaan yang mencolok yaitu bola, peraturan ukuran lapangan, net yang memiliki standar sendiri.


Ukuran Lapangan Tenis


√ Standar Ukuran Lapangan Tenis Menurut International Tennis Federation
liputan6.com

Standar ukuran lapangan tenis telah diatur oleh International Tennis Federation (ITF), yaitu lembaga khusus olahraga tenis. Perlu diketahui lapangan tenis dibagi menjadi dua bagian oleh sebuah jaring yang terdapat di tengah-tengah lapangan.

Jaring memiliki ukuran tinggi 91.4 cm dan ukuran di pinggirnya 107 cm, setiap setengah lapangan permainan dibagi lagi menjadi tiga bagian yaitu bagian belakang belakang dan dua lagi bagian depan yang akan digunakan untuk melakukan servis.

Setiap bagian lapangan dipisahkan oleh garis putih. Untuk ukuran standar sebuah lapangan tenis harus memiliki panjang 24 meter, lebar 10,97 meter.

Tidak hanya itu jarak garis servis dari garis net haruslah 6,40 meter sedangkan jarak garis pinggir permainan tunggal dari garis pinggir lapangan haruslah 1,37 meter.

Untuk memenuhi semua standar itu dibutuhkan ruangan dengan panjang 36,7 meter dan memilikiu lebar sebesar 18,3 meter.


Ukuran Net


√ Standar Ukuran Lapangan Tenis Menurut International Tennis Federation
pixabay.com

Untuk mendukung jalannya permainan olahraga dibutuhkan juga net yang dipasang di tengah. Standar tinggi net bagian ujung 1,07 meter, tinggi tiang net juga 1,07 meter dan tinggi net tengah yaitu 0,914 meter.

Demikianlah informasi yang dapat dibagikan mengenai standar ukuran lapangan tenis. Dimana bentuk lapangannya telah diatur oleh lembaga internasional khusus olahraga tenis yang bertujuan untuk keselarasan olahraga tenis di seluruh negara.

Keyword: Ukuran lapangan tenis

Originally posted 2021-02-05 22:40:59.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.