Ukuran Kertas A4 (Si “HVS” yang Menjadi Sahabat Mahasiswa)

Kertas telah berabad-abad menjadi salah satu jenis benda yang tak terpisahkan dari pencatatan sejarah dunia. Ukuran kertaspun beragam, diantaranya ukuran kertas A4, kertas berukuran A3, dan ukuran kertas F4 atau “folio”.

Meskipun perkembangan teknologi informasi dan media digital di zaman ini, kertas masih belum dapat tergantikan perannya di berbagai bidang. Dibalik manfaatnya yang banyak ini, apakah anda tahu siapa penemu kertas pertama kali?

√ Ukuran Kertas A4 | Si "HVS" yang Menjadi Sahabat Karib Para Mahasiswa

Kertas pertama kali ditemukan oleh Ts’ai Lun oleh 105 AD selama dinasti Han dan menyebar hingga sekarang.

Kata kertas secara etimologis berasal dari papyrus atau dalam Yunani Kuno untuk papyrus tanaman Cyperus. Papirus merupakan kertas tebal yang dihasilkan dari empulur tanaman Cyperus yang diunakan pada zaman kuno.

Ukuran kertas adalah panjang dan lebar suatu kertas dalam satuan millimeter (mm) yang dapat dikonversikan menjadi satuan centimeter (cm) maupun inchi (inchi).


Kertas Berdasarkan ISO


√ Ukuran Kertas A4 | Si "HVS" yang Menjadi Sahabat Karib Para Mahasiswa
mahamerubali.com

Kertas masing-masing kerta memiliki standar yang telah ditetapkan oleh International Organization for Standardization (ISO) yang dapat menjadi acuan dalam membuat suatu bentuk kertas.

Sehingga adanya kepastian atau kesamaan serta kemudahan dalam membuat sesuatu dari suatu kertas.

Ukuran kertas sangat penting dalam proses pencetakan dokumen dan surat menyurat. Ukuran kertas juga mencangkup ukuran-ukuran amplop.

Secara interasional ukuran kertas terdiri dari seri A, B, dan C. Ukuran R dan F muncul sesuai dengan permintaan pasar.

Ukuran kertas ISO didasarkan pada rasio aspek tunggal atau kira-kira 1:1.4142. Dasar ukuran kertas ISO adalah A0, yang luasnya setara dengan satu meter persegi. Setiap angka setelah huruf A menyatakan setengah ukuran dari angka sebelumnya.

Jadi A1 adalah setengah dari A0 dan demikian seterusnya. Hingga saat ini kebutuhan akan bahan penggunaaan dalam kehidupan sehari-hari tidak bisa dipungkiri.

Untuk menunjang stok akan kebutuhan kertas maka diproduksi kertas setiap hari. Kertas memiliki standar ukuran International antara lain A4, B3,dan C4.


Ukuran Kertas A4


√ Ukuran Kertas A4 | Si "HVS" yang Menjadi Sahabat Karib Para Mahasiswa
indiamart.com

Standar ukuran kertas A4 berdasarkan ISO dengan ukuran atau satuan millimeter adalah 210 mm x 297 mm atau dalam satuan centimeter adalah 21.0 cm x 29.7 cm, atau dalam satuan inchi adalah 8.27 inchi x 11.69 inchi.

Ukuran tersebut dapat digambarkan dalam bentuk tabel sebagai berikut:

Tabel Ukuran kertas A4 dalam beberapa satuap panjang

Ukuran Kertas

Milimeter (mm)

Centimeter (cm)

Satuan Inchi

A4 210 x 297 21.0 x 29.7 8.27 x 11.69

Kertas A4 ini identik digunakan dalam bidang akademik atau mahasiswa perguruan tinggi seperti pembuatan makalah, proposal, skripsi, tesis, disertasi dan kebutuhan suran menyurat dengan membutuhkan kertas dalam jumlah lembar yang lumayan banyak.

Jadi dapat diprediksi bahwa kertas dengan ukuran A4 sangat sering atau menjadi kebutuhan utama.

√ Ukuran Kertas A4 | Si "HVS" yang Menjadi Sahabat Karib Para Mahasiswa
uk.onlinelabels.com

Dalam Microsoft office default atau template ukuran kertas A4 sudah disediakan sehingga memudahkan pengguna untuk mengerjakan tugas yang diberikan dengan ukuran kertas A4.

Dengan adanya kertas dengan ukuran A4 segala aktifitas yang membutuhkan kertas tersebut dapat diatasi dan diselesaikan dengan mudah dan cepat.

Produksi kertas A4 yang sangat dicari semua orang membutuhkan jumlah produksi yang terus berkembang. Produksi kertas A4 diproduksi oleh beberapa negara dengan standar yang sama berdasarkan ISO.

Kertas dibuat dari tumbuhan alami yakni pohon. Sehingga jumlah pohon berkurang yang menyebabkan berbagai bencana yang mungkin atau akan terjadi.

Sehingga marilah kita memanfaatkan kertas dengan seperlunya dan seefektif mungkin. Anda harus ikut berperan melindungi dan melestarikan alam dan kelangsungan hidup makhluk lainnya.

Keyword: Ukuran Kertas A4

Originally posted 2021-02-04 02:40:57.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.