Tumbuhan Monokotil Beserta Ciri dan Contohnya

Untuk kamu yang saat ini tengah ingin mencari pembahasan tentang tumbuhan monokotil, maka dengan membaca artikel ini merupakan sebuah pilihan yang tepat.

Sebagian orang tahu jika ada yang namanya biji pada tumbuhan, seperti biji cabai, biji mangga, biji tomat, jambu dan lain-lain.

Maksud dari biji disini adalah sebuah bagian ataupun organ dari tumbuhan kecuali daun, buah, batang, dan lain-lain yang berguna dalam perkembangbiakkan tumbuhan.

√ Tumbuhan Monokotil Beserta Ciri dan Contohnya
pintarbiologi.com

Biji bisa dikatakan sebagai bakal ataupun juga calon buah yang berasal dari tumbuhan itu sendiri. Biji terdiri dari beberapa komponen penyusun misalnya keeping biji dan juga lembaga yang merupakan cikal bakal dari tumbuhan baru.

Saat ini, ilmuan membagi jenis tumbuhan berdasarkan dari jumlah keeping biji yakni tumbuhan monokotil yang artinya berkeping satu dan tumbuhan dikotil yang artinya berkeping dua.


Tumbuhan Monokotil


√ Tumbuhan Monokotil Beserta Ciri dan Contohnya
galeripustaka.com

Tumbuhan monokotil dikenal sebagai tumbuhan yang berkeping biji satu atau tunggal, tumbuhan jenis ini memiliki ciri-ciri kebalikan dari tumbuhan dikotil misalnya akarnya serabut.

Tulang daun yang sejajar atau juga melengkung, tidak punya kambium, jumlah kelopak bunga bisa tiga dan kelipatan.

Golongan monokotil merupakan tumbuhan dengan batang beruas dan punya tudung akar. Akar pada tumbuhan monokotil dan juga batangnya tidak dapat membesar dan terakhir berkas pengangkut yang ada di batang bentuknya menyebar.

Contoh tumbuhan berkeping biji satu diantaranya tumbuhan seperti jahe, jagung, kencur, laos, kunyit, kelapa sawit, pinang, talas, aren, dan lain-lain.

Jadi, secara sederhana tumbuhan monokotil sendiri artinya tumbuhan yang punya biji satu, mono, tunggal ataupun juga tidak berkeping .

Tumbuhan ini juga punya karakter yang kuat. Jika ingin menjumpai tanaman atau tumbuhan monokotil, sudah kami jelaskan sebelumnya karena memang banyak sekali tumbuhan yang tergolong ke dalam tumbuhan berkeping satu.

Tumbuhan dengan keping biji satu ini memiliki manfaat yang sangat banyak untuk manusia misalnya saja padi.

Padi tergolong ke dalam jenis tumbuhan monokotil yang menjadi makanan pokok kita sehari-hari. Tidak hanya itu, jagung juga dijadikan sebagai makanan pokok bagi sebagian daerah di Indonesia.

Itulah tadi ulasan singkat mengenai tumbuhan dikotil dan monokotil, ciri-ciri dan juga contoh dari masing-masing tumbuhan.

Setelah membaca artikel ini diharapkan teman-teman sekalian bisa membedakan mana tumbuhan yang termasuk tumbuhan yang berkeping biji satu dan mana tumbuhan yang berkepingn biji dua.

Semoga bermanfaat!

Keyword: Tumbuhan Monokotil

Originally posted 2021-02-03 01:20:47.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.