Tujuan Pendidikan bagi Tumbuh Kembang Anak

Sebagaimana tujuan pendidikan yaitu mencerdaskan bangsa, maka pendidikan adalah merupakan suatu alat atau media yang sangat kompleks serta membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mewujudkannya.

Hasil dari suatu pendidikan tidak segera dapat kita lihat hasilnya atau kita rasakan. Di samping itu hasil akhir dari pendidikan ditentukan pula oleh hasil-hasil dari bagian-bagian dari pendidikan yang sebelumnya.

Untuk membawa anak kepada tujuan akhir, maka anak-anak perlu diantar terlebih dahulu kepada tujuan dari bagian-bagian pendidikan. Tujuan pendidikan bermacam-macam yaitu:


Tujuan Pendidikan bagi Anak


√ Tujuan Pendidikan bagi Tumbuh Kembang Anak
idntimes.com

1. Tujuan Umum

Tujuan ini juga disebut dengan tujuan total, tujuan yang sempurna, atau tujuan akhir. Apakah tujuan akhir itu?

Dalam hal ini Kongstam dan Gunning mengatakan bahwa tujuan akhir sebuah pendidikan itu ialah untuk membentuk insan kamil atau manusia sempurna.

2. Tujuan Khusus

Tujuan ini merupakan tujuan yang diambil dari tujuan umum namun lebih mengkhususkan pada misi tertentu sesuai dengan situasi dan kondisi.

Biasanya disesuaikan dengan cita-cita pembangunan bangsa, disesuaikan dengan tugas dari suatu badan atau lembaga pendidikan, disesuaikan dengan bakat kemampuan anak didik, serta disesuaikan dengan tingkat pendidikan dan sebagainya.

Tujuan-tujuan pendidikan yang telah disesuaikan dengan keadaan-keadaan tertentu, dalam rangka untuk mencapai tujuan umum pendidikan inilah yang dimaksud dengan tujuan khusus.

Sebagai contoh tujuan yang ditentukan karena maksud tertentu seperti gelar dan sebagainya.

3. Tujuan tak lengkap

√ Tujuan Pendidikan bagi Tumbuh Kembang Anak
finansialku.com

Tiap-tiap aspek pendidikan mempunyai tujuannya masing-masing. Tujuan dari aspek-aspek pendidikan inilah yang dimaksud tujuan pendidikan tak lengkap.

Sebab masing-masing aspek pendidikan itu menganggap seolah-olah dirinya terlepas dari aspek pendidikan yang lain.

Padahal masing-masing pendidikan itu hanyalah merupakan bagian dari pendidikan lain secara keseluruhan.

4. Tujuan Insidentil

Disebut juga sebagai tujuan seketika atau sesaat. Pasalnya tujuan ini biasanya bisa timbul secara mendadak dan sifatnya tidak tetap hanya sesaat saja.

Misalnya: tujuan untuk mengadakan hiburan atau variasi dalam kehidupan sekolah. Maka diadakanlah darmawisata ke suatu tempat. Dalam hai ini tujuan itu telah selesai, setelah darmawisata itu dilaksanakan.

5. Tujuan Temporari

Tujuan yang hanya bersifat sementara dalam fase-fase tertentu guna mencapai tujuan yang diinginkan.

Misalnya: anak dimasukkan ke sekolah. Tujuanya ialah agar anak dapat membaca dan menulis. Dapat membaca dan menulis inilah yang disebut tujuan sementara.

Tujuan yang lebih lanjut ialah agar anak dapat belajar ilmu pengetahuan dari buku-buku.

Dapat belajar dari buku inipun menjadi tujuan sementara. Tujuan sebenarnya ialah agar anak dapat memiliki ilmu pengetahuan tertentu.

Memiliki ilmu pengetahuan inipun merupan tujuan sementara, dan begitulah seterusnya.

Demikian tujuan-tujuan sementara ini semakin meningkat untuk menuju kepada pengetahuan umum, tujuan total atau tujuan akhir.

6. Tujuan Perantara

√ Tujuan Pendidikan bagi Tumbuh Kembang Anak
qureta.com

Disebut juga sebagai tujuan intermediet, dimana merupakan alat atau sarana untuk mencapai tujuan-tujuan yang lain.

Misalnya: kita belajar bahasa Inggris atau bahasa Belanda, atau yang lain. Maksud dari mempelajari hal tersebut adalah agar kita dapat mengerti buku buku pelajaran yang ditulis dalam bahasa asing.

Dimana anda mempelajari bahasa asing untuk digunakan sebagai alat agar anda bisa lebih mengerti ilmu lain.

Demikian macam-macam tujuan pendidikan, yang kesemuanya mengarah kepada tujuan umum pendidikan. Yaitu menuju kehidupan sebagai insal kamil, dimana terjamin adanya hakikat manusia secara harmonis.

Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan manusia agar memiliki keterampilan dan mampu bersaing dan berdaya guna bagi bangsa dan negara. Hal tersebut akan membangun aspek bangsa yang lebih baik dan kreatif.

Keyword: Tujuan Pendidikan

Originally posted 2021-01-27 13:57:31.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.