3 Jenis Prinsip Ekonomi serta Penjelasan Lengkap Mengenai Tujuannya

Ilmu ekonomi memiliki prinsip dan tujuan. Lalu apa tujuan prinsip ekonomi tersebut? Secara umum prinsip ekonomi adalah gambaran atas perbandingan nilai pengeluaran dan pendapatan yang dimiliki seseorang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Ekonomi adalah hal yang sangat penting karena menyangkut pemenuhan kebutuhan hidup. Inilah kenapa ekonomi terkadang disangkut pautkan terhadap berbagai permasalahan hidup.

Singkatnya, biasanya untuk mendapatkan suatu tujuan, seseorang akan berkorban dalam jumlah yang minimal untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

√ 3 Jenis Prinsip Ekonomi serta Penjelasan Lengkap Mengenai Tujuannya
w3cargo.com

Tujuan prinsip ekonomi ternyata cukup jauh berbeda dari tujuan ekonomi syariah yang mengutamakan keseimbangan dan kebijaksanaan di dalamnya.

Namun, walaupun seperti itu prinsip ekonomi tetap memiliki kelebihan dibandingkan dengan prinsip-prinsip bidang yang lain.

Seperti kelebihan dalam mendapatkan keuntungan yang lebih besar karena modal yang dikeluarkan relatif kecil, dan mengurangi resiko kerugian yang bisa saja muncul sebagai salah satu efek timbal balik dari kegiatan ekonomi yang dilakukan.

Hal ini karena modal yang dikeluarkan kecil sehingga resiko yang mengikutinyapun relatif kecil.


Jenis-Jenis Prinsip Ekonomi


Secara umum, terdapat beberapa prinsip ekonomi yang berlaku pada setiap kegiatan ekonomi seperti produksi, distribusi dan konsumsi. Penjelasan dari prinsip-prinsip tersebut adalah:

1. Prinsip dalam Kegiatan Produksi

√ 3 Jenis Prinsip Ekonomi serta Penjelasan Lengkap Mengenai Tujuannya
nesabamedia.com

Merupakan kegiatan menciptakan atau menghasilkan produk-produk yang akan dilempar ke pasar dengan modal yang kecil.

Beberapa contoh dari prinsip yang pertama ini adalah dengan membuka pabrik atau tempat industri tidak jauh dari tempat bahan baku produksi berasal, menggunakan tenaga-tenaga yang terlatih dan terampil. Menggunakan bahan baku kualitas unggulan secara efisien, serta menentukan harga jual yang menguntungkan, dan yang lainnya.

Modal yang kecil akan berdampak pula pada kecilnya resiko kerugian yang didapatkan dan besarnya laba atau penghasilan yang akan didapatkan.

Prinsip dalam kegiatan produksi ini termasuk dalam salah satu prinsip-prinsip bisnis yang harus dipraktekkan untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

2. Prinsip dalam Kegiatan Distribusi

√ 3 Jenis Prinsip Ekonomi serta Penjelasan Lengkap Mengenai Tujuannya
nasional.kontan.co.id

Sama seperti kegiatan produksi, prinsip dalam kegiatan distribusi merupakan kegiatan menyalurkan barang dari pabrik ke konsumen dengan pengeluaran yang kecil.

Beberapa contoh dari prinsip ini adalah mengirim barang secara tepat waktu, membeli barang dari produsen langsung sehingga harga yang didapatkan lebih murah. Serta memilih tempat kegiatan distribusi dimana produsen dan konsumen jaraknya saling berdekatan.

3. Prinsip dalam Kegiatan Konsumsi

√ 3 Jenis Prinsip Ekonomi serta Penjelasan Lengkap Mengenai Tujuannya
portalkelas.com

Prinsip ini merupakan contoh prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari yang berada di sekitar kita. Bahkan tidak sedikit dari kita pernah merasakannya juga.

Hal ini karena prinsip ini merupakan prinsip untuk mendapatkan kepuasan dari barang atau jasa yang dibeli dengan harga yang kecil.

Beberapa contoh dari kegiatan ini adalah seperti membeli barang dengan kualitas unggulan, melakukan tawar menawar sebelum membeli, membuat daftar belanjaan sebelum berbelanja, dan lain sebagainya.


Mengulas Tujuan Ekonomi


Prinsip ekonomi ada karena tingkat kebutuhannya yang semakin tinggi. Terlebih jika sudah memiliki tujuan yang jelas. Dan beberapa tujuan ekonomi adalah sebagai berikut:

1. Mencegah Terjadinya Pemborosan

√ 3 Jenis Prinsip Ekonomi serta Penjelasan Lengkap Mengenai Tujuannya
forum.teropong.id

Salah satu tujuan mempelajari ilmu ekonomi adalah mengontrol pengeluaran dan pemasukan dari setiap kegiatan ekonomi yang dilakukan. Seperti misalnya mencegah pengeluaran dalam jumlah yang besar atau pemborosan.

Pemborosan adalah salah satu hal yang terjadi karena tidak seimbangnya pengeluaran dan pemasukan dalam suatu kegiatan ekonomi.

Dan tujuan prinsip ekonomi yang pertama adalah menekan jumlah pengeluaran atau modal sehingga pendapatan akan meningkat.

Salah satu hal yang bisa dilakukan dari poin yang pertama ini adalah dengan memilih produsen yang tepat untuk mendapatkan harga yang murah.

2. Mencegah Kerugian Akibat Kesalahan

√ 3 Jenis Prinsip Ekonomi serta Penjelasan Lengkap Mengenai Tujuannya
waspada.co.id

Resiko adalah hal yang biasa terjadi dalam setiap kegiatan yang dilakukan. Termasuk di dalamnya kegiatan ekonomi. Dan tujuan prinsip ekonomi pada poin kedua ini adalah dengan menekan jumlah kerugian akibat kesalahan yang dilakukan baik secara langsung ataupun tidak.

Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan hanya mempekerjakan karyawan yang terampil dan profesional.

Banyaknya kesalahan yang dilakukan oleh kita akan membuat jumlah pengeluaran akan semakin besar guna menutupi kesalahan-kesalahan tersebut.

Hal ini juga berlaku pada tujuan ekonomi pembangunan, dimana setiap kesalahan yang dilakukan bisa menjadi batu sandungan dan menghambat pembangunan.

3. Mendapatkan Keuntungan yang Maksimal

√ 3 Jenis Prinsip Ekonomi serta Penjelasan Lengkap Mengenai Tujuannya
jurnal.id

Salah satu tujuan ekonomi kreatif adalah untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Hal ini sama seperti tujuan prinsip ekonomi dengan sedikitnya modal yang dikeluarkan akan membuat keuntungan semakin membesar. Hanya saja semua itu bisa terjadi apabila kualitas yang dihasilkan sesuai dengan harga jual nantinya.

4. Menggunakan Modal dan Kemampuan yang Dimiliki

√ 3 Jenis Prinsip Ekonomi serta Penjelasan Lengkap Mengenai Tujuannya
majalahkonsultan.com

Tujuan prinsip ekonomi selanjutnya adalah untuk menggunakan modal dan kemampuan yang dimiliki guna mendapatkan pendapatan yang lebih besar.

Tujuan prinsip ini seakan mengaburkan perbedaan ekonomi positif dan normatif karena pada dasarnya semua kegiatan ekonomi adalah perpaduan antara modal dan kemampuan. Keyword: Prinsip Ekonomi

Originally posted 2021-01-14 19:56:43.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.