Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan Beserta Fungsinya + Gambar

Hewan dan tumbuhan memiliki perbedaan umum yang membedakan keduanya yaitu karakteristik dari sel-selnya masing-masing.

Meski pada struktur dasar sel hewan dan sel tumbuhan adalah sama akan tetapi dalam perkembangannya, kedua jenis sel ini mengalami perkembangan. Salah satu perbedaan paling mendasar dari sel tumbuhan dan sel hewan adalah peran ekologisnya.

Tumbuhan berkembang sebagai pembuat makanan, sedangkan hewan berperan sebagai pemakan tumbuhan serta hewan lain.


Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan


√ Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan Beserta Fungsinya + Gambar
biologi-sel.com

Bebicara tentang perbedaan sel hewan dan tumbuhan mari dimulai dari ciri khasnya. Sel tumbuhan memiliki ciri khas tersendiri yang dapat dilihat dari bagian-bagian selnya. Ciri khas inilah yang paling tampak dalam membedakan sel hewan dan sel tumbuhan.

Bagian dari sel tumbuhan yang paling jelas perbedaannya yang tidak dimiliki oleh sel hewan adalah dinding sel.


Ciri Khas Khusus Sel Hewan


√ Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan Beserta Fungsinya + Gambar
hisham.id

Sentriol

Sentriol, adalah sepasang struktur berbentuk seperti silinder dengan lubang tengah yang tersusun dari protein mikrotubulus. Biasanya, anggota pasangan sentriol terletak pada posisi menyudut ke arah kanan satu sama lain.

Sentriol ini terbentuk dari mikrotubulus yang berwujud menyerupai suatu struktur protein seperti jala, dan tampak berdekatan dengan kromosom selama pembelahan sel (metosis dan meiosis).

Peran sentriol yang utama adalah untuk mengatur polaritas (kutub) pembelahan yang terjadi pada sel hewan serta untuk mengatur pemisahan kromosom selama pembelahan berlangsung.

Vakuola

Vakuola merupakan hal yang paling khas ada dalam sel tumbuhan. Akan tetapi, beberapa sel hewan, terutama jenis hewan bersel satu juga ditemukan vakuola.

Vakuola ini misalnya ditemukan pada amoeba dan paramecium. Jenis vakuola ini pun juga bermacam-macam, misalnya seperti vakuola kontraktil dan vakuola nonkontraktil. Selain itu, secara khusus hewan memiliki sifat tersendiri, yakni multiseluler dan eukariotik.

Semua jenis hewan tidak mempunyai kemampuan untuk menghasilkan zat makanannya sendiri. Inilah hal paling dasar yang membedakan hewan dengan tumbuhan.

Hewan tidak mampu membuat makanan sendiri karena tidak memiliki pigmen penangkap energi cahaya matahari berupa klorofil. Karenanya, untuk memenuhi kebutuhan makanannya, hewan harus mengambilnya dari lingkungan sekitar, termasuk dari organisme lain.


Ciri Khas Khusus Sel Tumbuhan


√ Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan Beserta Fungsinya + Gambar
markijar.com

Dinding sel

Dinding sel adalah bagian terluar dari sel yang hanya ditemukan ada pada sel tumbuhan. Fungsi dinding sel tumbuhan adalah untuk melindungi serta menunjang pertumbuahn sel tumbuhan.

Dinding sel ini pula yang membuat sel tumbuhan cenderung lebih keras dibanding bagian tubuh kelompok kingdom lain, termasuk dari tubuh manusia.

Dinding sel yang keras ini berupa zat kayu, yakni selulosa yang tersusun dari glukosa. Selain glukosa, dinding sel juga terbentuk dar pectin, glikoprotein dan hemi selulosa.

Vakuola

Vakuola juga menjadi bagian khas yang dimiliki tumbuhan. Vakuola adalah organel bermembran yang isinya berupa cairan vakuola. Meski ada sel hewan yang juga memiliki vakuola, akan tetapi vakuola yang dimiliki sel tumbuhan memiliki bentuk dan fungsi yang lebih nyata.

Vakuola berperan penting dalam memasukkan air melalui tonoplas. Selain itu, vakuola, bersama dengan sitoplasma dan dinding sel ini bekerja sama untuk mendukung tumbuh kembang dari tumbuhan.

Plastida

Plastida juga menjadi bagian penting dalam tumbuhan, yang merupakan organel bermembran lengkap, berbentuk macam -macam dengan fungsinya tersendiri. Organel plastid hanya ditemukan pada sel tumbuham yang berupa butir-butir berpigmen.

Kloroplas

Kloroplas, adalah organel yang mengandung klorofil. Klorofil ini menjadi ciri khas tersendiri dari sel tumbuhan yang membuat tumbuhan dapat melakukan fotosintesis dan membuat makanannya sendiri.

Kloroplas berperan penting untuk melakukan fotosintesis. Kloroplas banyak terdapat pada bagian tumbuhan yang berupa daun dan organ tubuh lain yang berwarna hijau. Keyword: Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Originally posted 2021-01-02 10:17:54.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.