Pengertian Norma, Fungsi, Ciri-Ciri, serta Jenisnya

Pengertian norma merupakan pedoman, kaidah, ketentuan dalam berperilaku dan berhubungan antar sesama manusia.

Norma dijadikan sebagai acuan yang ada di dalam sebuah kelompok msyarakat untuk dapat menjalani kehidupan secara bersama-sama.

Secara etimologi, norma berasal dari kata “norm” dan “mos” yang merupakan bahasa Belanda. “Norm” berarti pokok kaidah, patokan, atau pedoman. “Mos” berarti adat istiadai, kebiasaan, atau tata kelakuan.

Dalam kehidupan bermasyarakat tentu ada norma yang berlaku. Setiap etnis, lingkungan, maupun negara tentu akan memiliki norma yang berbeda-beda.

Namun, terdapat pula norma yang bersifat universal dan berlaku untuk semua manusia yang hidup di muka bumi ini.


Pengertian Norma Menurut Para Ahli


√ Pengertian Norma, Fungsi, Ciri-Ciri, serta Jenisnya
kabarsumbawa.com

Norma menjadi aturan dalam berperilaku di kehidupan bermasyarakat. Jadi, setiap orang baik secara individu maupun kelompok yang melanggar norma, tentu akan mendapatkan sanksi yang sudah ditetapkan.

Menurut Isworo Hadi Wiyono, norma merupakan peraturan ataupun petunjuk hidup yang memberikan batas perbuatan kepada manusia.

Mana perbuatan yang boleh dilakukan dan mana perbuatan yang harus dihindari, agar terwujudnya kehidupan bermasyarakat yang tertib dan teratur.

Ada juga pendapat dari John J. Macionis yang mengatakan jika norma merupakan aturan dan harapan masyarakat sehingga akan memandu perilaku para anggotanya.


Fungsi Norma dalam Kehidupan Masyarakat


√ Pengertian Norma, Fungsi, Ciri-Ciri, serta Jenisnya
maxmanroe.com

Sementara itu, selain pengertian norma kita juga harus memahami fungsi norma itu sendiri khususnya dalam kehidupan bermasyarakat.

Fungsi dan juga peranan norma di dalam masyarakat merupakan pedoman untuk anggota masyarakat bagaimana berperilaku yang baik dan benar di tengah lingkungan hidup.

Norma juga dapat menciptakan kehidupan masyarakat yang teratur dan stabil. Jika ada yang melakukan perbuatan atau sikap yang menyimpang di dalam kehidupan bermasyarakat.

Normalah yang akan menjadi dasar dalam memberikan sanksi tersebut sehingga kehidupan germasyarakat yang harmonis dapat tercapai.

Norma menjadi sebuah alat unutk menciptakan keadilan dan keterlibatan di dalam masyarakat serta akan membantu masyarakat secara bersama-sama untuk mencapai tujuan mereka.


Ciri-Ciri Norma


√ Pengertian Norma, Fungsi, Ciri-Ciri, serta Jenisnya
maxmanroe.com

Norma juga memiliki ciri-ciri yang harus kamu ketahui, karena untuk bisa mengenali norma yang berlaku di tengah masyarakat tentu kita harus paham karakteristik dari norma itu sendiri.

Biasanya norma bentuknya tidak tertulis kecuali untuk norma hukum yang tentu memiliki wujud dalam bentuk tulisan. Kedua, norma juga sifatnya mengikat dan terdapat sanksi di dalamnya.

Ketiga, norma dibuat berdasarkan kesepakatan masyarakat itu sendiri. Setiap individu yang ada di dunia ini wajib menaati norma yang berlaku dan siapapun yang melanggar norma akan dikenakan sanski.

Norma juga bisa mengalami perubahan yang disesuaikan dengan perkembangan masyarakat itu sendiri.


Jenis-Jenis Norma


√ Pengertian Norma, Fungsi, Ciri-Ciri, serta Jenisnya
nesabamedia.com

Norma terdiri dari berbagai macam jenis diantaranya norma agama, norma kesusilaan, norma kesopanan, norma hukum dan norma kebiasaan.

Norma agama biasanya berisikan pedoman hidup manusia dalam memiliki keyakinan iman yang bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa. Norma agama sifatnya dogmatis, artinya tidak boleh ditambah dan juga dikurangi.

Norma kesusilaan merupakan pedoman hidup manusia sebagai insan yang memiliki rasa manusiawi di dasar sanubarinya, sehingga mengendalikan baik buruknya perbuatan.

Norma kesopanan adalah peraturan yang hadir dari hubungan antar mansuia yang ada di dalam kelompok masyarakat.

Norma hukum merupakan norma yang dibuat dan ditetapkan oleh lembaga tertentu yang punya wewenang dalam mengatur kehidupan bermasyarakat.

Terakhir, norma kebiasaan adalah aturan sosial yang muncul scara sadar dan tidak sadar yang kemudian menjadi kebiasaan di tengah-tengah lingkungan.

Sekian, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman-teman sekalian.

Keyword: Pengertian Norma

Originally posted 2021-01-11 01:14:38.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.