Pengertian Mitigasi dan Kaitannya dengan Proses Adaptasi pada Bencana

Pengertian mitigasi sangat berkaitan dengan bencana atau disaster yang dapat mengancam kehidupan manusia.

Bencana dapat digolongkan menjadi bencana alam atau bencana sosial. Indonesia adalah negara yang punya kerentanan bencana khususnya bencana geologi yang tinggi lho guys!

Lalu apa yang harus dilakukan masyarakat untuk mengantisipasi hal tersebut? Dibutuhkan mitigasi bencana yang tepat untuk meminimalisir kerugian akibat fenomena alam yang bisa mengakibatkan bencana.

Pengertian mitigasi adalah serangkaian upaya untuk mengurangi resiko bencana baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.


Pengertian Mitigasi dan Tahapan Mitigasi Bencana


√ Pengertian Mitigasi dan Kaitannya dengan Proses Adaptasi pada Bencana
voaindonesia.com

Berdasarkan siklus waktunya, penanganan bencana atau mitigasi meliputi 4 tahapan yaitu:

1. Sebagai tahapan awal penanggulangan bencana alam untuk mengurangi dan meminimalkan dampak bencana.

Mitigasi adalah kegiatan sebelum bencana terjadi alias preventif. Contohnya adalah kegiatan simulasi bencana di sekolah, pembuatan papan evakuasi, menanam bakau di pantai, reboisasi hutan, penyuluhan ke desa dan lainnya.

Upaya preventif ini sebagai bagian dari penyampaian ilmu tentang mitigasi bencana.

2. Kesiapsiagaan adalah perencanaan terkait cara merespons suatu bencana.

Perencanaan dibuat berdasarkan bencana yang pernah terjadi dan bencana lain yang mungkin akan terjadi.

Tujuan dari kegiatan ini adalah meminimalkan korban jiwa dan kerusakan sarana-sarana dan pelayanan umum yang meliputi upaya mengurangi tingkat resiko, pengelolaan sumber-sumber daya masyarakat, serta pelatihan warga di wilayah rawan bencana.

3. Respons adalah upaya meminimalkan bahaya yang diakibatkan bencana.

Tahap ini berlangsung sesaat setelah terjadi bencana. Rencana penanggulangan bencana dilaksanakan dengan fokus pada upaya pertolongan korban bencana dan antisipasi kerusakan yang terjadi akibat bencana.

4. Pemulihan adalah upaya mengembalikan kondisi masyarakat seperti semula.

Tahap ini juga disebut rekonstruksi ulang dan sebagai sarana evaluasi untuk mitigasi di masa depan.

Adaptasi adalah upaya menyesuaikan diri terhadap lingkungan dengan melakukan perubahan yang mengarah pada peningkatan daya tahan dan daya lenting terhadap perubahan tersebut.

Contohnya nih adaptasi terhadap perubahan iklim, maka masyarakat yang bermukim di pesisir harus mulai menanam mangrove atau bakau untuk mencegah abrasi.


Kaitan Pengertian Mitigasi dan Adaptasi terhadap Bencana


√ Pengertian Mitigasi dan Kaitannya dengan Proses Adaptasi pada Bencana
covesia.com

Adaptasi berbagai macam bidang kehidupan harus diperhatikan oleh masyarakat agar tidak terjadi bencana di masa depan. Berikut beberapa contoh adaptasi di berbagai bidang sehari-hari di masyarakat:

1. Adaptasi bidang pertanian

Petani harus memiliki skill melihat pola cuaca di wilayahnya sehingga bisa menentukan musim tanam yang tepat dan jenis tanaman yang tepat sesuai musimnya. Petani harus harus mewaspadai daerah rawan longsor sehingga tidak bertani di daerah tersebut.

2. Adapatasi bidang kehutanan

Seringnya muncul titik api di musim kemarau harus diwaspadai dengan cara memantau perkembangan titik api dengan SIG dan inderaja. Pemadam juga harus siap siaga di tempat.

3. Adaptasi bidang kesehatan

Pemerintah harus meningkatkan fasilitas kesehatan hingga ke penjuru negeri, untuk memaksimalkan pelayanan dan mengurangi kejadian seperti gizi buruk dan wabah penyakit.

4. Adaptasi bidang perkotaan

Wilayah perkotaan kini rawan banjir sehingga kota harus didesain ramah lingkungan. Saluran drainase diperbaiki dan jangan membangun rumah di pinggir sungai agar tidak menghambat laju aliran air.

Itulah beberapa adaptasi yang harus dilakukan untuk dapat menangulangi bencana sehingga pengertian mitigasi dapat diterapkan.

Banyak bencana yang terjadi akibat keadaan lingkungan ataupun keadaan alam. Sehingga haruslah dilakukan adaptasi untuk dapat menanggulangi bencana yang terjadi.

Pemerintah haruslah melakukan perkembangan di berbagai bidang sehingga mampu beradaptasi dengan baik. Adaptasi tersebut juga bisa membantu masyarakat untuk dapat hidup lebih baik dan nyaman.

Pertumbuhan masyarakat juga akan sangat terpengaruh dari perkembangan adaptasi. Sehingga adaptasi juga akan sangat membantu menyejahterakan masyarakat.

Keyword: Pengertian Mitigasi

Originally posted 2021-01-15 19:45:13.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.