10 Pengertian Kearsipan ini Wajib untuk Kamu Pelajari

Menurut etimologi pengertian kearsipan berasal dari kata “arsip” yang berasal dari bahasa Yunani yaitu archium, artinya peti untuk menyimpan sesuatu.

Kata arsip dalam bahasa latin disebut felum (bundel) dan dalam bahasa Inggris berarti “file”. Kearsipan dalam bahasa Inggris berrati filing. File adalah bendanya, sedangkan filing adalah kegiatannya.

Pengertian kearsipan secara umum adalah suatu proses pengaturan dan penyimpanan bahan-bahan atau warkat secara sistematis, sehingga bahan-bahan tersebut dapat dicari dengan cepat atau diketahui tempatnya setiap diperlukan.


Pengertian Kearsipan Menurut Para Ahli


√ 10 Pengertian Kearsipan ini Wajib untuk Kamu Pelajari
dosenpendidikan.com

Kearsipan memegang peranan yang penting bagi kelancaran jalannya organisasi, yaitu sebagai sumber informasi dan sebagai pusat ingatan bagi organisasi.

Ruang lingkup kegiatan kearsipan meliputi: penciptaan, penerimaan dan pengumpulan arsip, lalu pengendalian, pemeliharaan, dan perawatan arsip, terakhir adalah penyimpanan dan pemusnahan arsip. Berikut adalah pengertian kearsipan menurut para ahli :

1. Menurut Kamus Administrasi Perkantoran oleh Drs. The Liang Gie

√ 10 Pengertian Kearsipan ini Wajib untuk Kamu Pelajari
kenangan.com

a) Penyimpanan warkat (filing) merupakan kegiatan menaruh warkat-warkat dalam suatu tempat penyimpanan secara tertib menurut sistem, susunan dan tata cara yang telah ditentukan. Sehingga pertumbuhan warkat-warkat itu dapat dikendalikan dan setiap kali diperlukan dapat secara cepat ditemukan kembali.

Lawan dari penyimpanan warkat (filing) adalah pengambilan warkat (finding).

b) Sistem penyimpanan warkat (filing system) adalah rangkaian tata cara yang teratur menurut suatu pedoman untuk menyusun warkat-warkat sehingga bilamana diperlukan lagi, warkat-warkat itu dapat ditemukan kembali secara tepat.

2. Menurut Kamus Administrasi

√ 10 Pengertian Kearsipan ini Wajib untuk Kamu Pelajari
tokopedia.com

Pengertian kearsipan adalah semua rangkaian kegiatan penyelenggaraan kearsipan sejak saat dimulainya pengumpulan warkat sampai penyingkiran.

3. Menurut Ensiklopedi Administrasi

√ 10 Pengertian Kearsipan ini Wajib untuk Kamu Pelajari
bukalapak.com
  • Penyimpanan warkat (filing) adalah suatu bentuk pekerjaan tata usaha yang berupa penyusunan warkat-warkat secara sistematis sehingga bila diperlukan lagi warkat-warkat itu dapat ditemukan kembali secara cepat.
  • Sistem penyimpanan warkat (filing system) adalah suatu rangkaian tata cara yang teratur menurut sesuatu pedoman untuk menyusun warkat-warkat sehingga bila diperlukan lagi warkat-warkat itu dapat ditemukan kembali secara cepat.

4. R. Subroto

√ 10 Pengertian Kearsipan ini Wajib untuk Kamu Pelajari
mediaapakabar.com

Pengertian kearsipan adalah aktivitas penerimaan, pencatatan, penyimpanan, penggunaan, pemeliharaan, penyusutan, dan pemusnahan arsip.

5. Drs. Ig. Wursanto (1989 : 12)

Pengertian kearsipan adalah proses kegiatan pengurusan atau pengaturan arsip dengan mempergunakan suatu sistem tertentu sehingga arsip-arsip dapat ditemukan kembali dengan mudah dan cepat apabila sewaktu-waktu diperlukan.

6. Odgers (2005)

Kearsipan adalah manajemen arsip sebagai proses pengawasan,penyimpanan, dan pengamanan dokumen sertaarsip baik dalam bentuk kertas maupun media elektronik.

7. Charman (1998)

Pengertian kearsipan sebagai proses yang menitik beratkan pada efisiensi administrasi perkantoran, pengelolaan dan pemusnahan dokumen apabila tidak diperlukan.

8. Maulana (1974:18)

Kearsipan adalah suatu metode atau cara yang direncanakan dan dipergunakan untuk menyimpan, pemeliharaan arsip bagi individu maupun umum dengan memakai indeks yang sudah ditentukan.

Biasanya untuk keperluan filling ini dipergunakan lemari, laci kabinet dari bahan baja tahan karat atau dari kayu yang terkunci, jauh dari bahaya yang tidak diinginkan.

9. Menurut 3 penulis : Mulyono, Muhsin, dan Marimin (1985:3)

Kearsipan merupakan tata cara pengurusan penyimpanan warkat menurut aturan dan prosedur yang berlaku dengan mengingat 3 unsur pokok yang meliputi: penyimpanan, penempatan, dan penemuan kembali.

10. Pengertian kearsipan menurut arsip nasional

Filling / memfile adalah cara mengatur dan menata berkas dalam susunan yang sistematis dan menurut Ensiklopedia Administrasi.

Filling adalah suatu bentuk pekerjaan tata usaha yang berupa penyusunan warkat-warkat secara sistematis sehingga bilamana diperlukan lagi, warkat-warkat itu dapat ditemukan kembali secara tepat.

Pengertian kearsipan adalah suatu proses mulai dari penciptaan, penerimaan, pengumpulan, pengaturan, pengendalian, pemeliharaan dan perawatan serta penyimpanan warkat menurut sistem tertentu.

Sehingga saat dibutuhkan dapat dengan cepat dan tepat ditemukan. Bila arsip-arsip tersebut tidak bernilai guna lagi, maka harus dimusnahkan. Demikan artikel mengenai pengertian kearsipan yang dapat kami kumpulkan. Semoga bermanfaat. Salam! Keyword: Pengertian Kearsipan

Originally posted 2021-01-14 21:02:58.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.