Pengertian Inspirasi dan Kiat-Kiat Memperoleh Inspirasi yang Cemerlang

Kapan sih kamu mendapatkan inspirasi? Sebenarnya inspirasi bisa kita dapatkan kapanpun dan dimanapun. Terkadang tanpa sengaja kita tiba-tiba mendapatkan sebuah inspirasi berupa sebuah ide yang kreatif.

Inspirasi bisa muncul dan didapatkan ketika seseorang membaca buku, melakukan aktivitas, dan kegiatan sehari hari, menyendiri, mengamati perilaku seseorang, melihat lingkungan sekitar.

Melihat sebuah pemandangan dan bentang alam, menonton film, menulis, menggambar dan lain sebagainya.

Tak jarang para seniman atau orang yang hendak menciptakan suatu karya melakukan berbagai aktivitas untuk memunculkan inspirasi.

Meskipun inspirasi bisa datang kapan saja dan dimana saja, terkadang mereka bahkan membutuhkan waktu untuk menyendiri supaya berjodoh dengan yang namanya inspirasi tersebut.


Pengertian Inspirasi


√ Pengertian Inspirasi dan Kiat-Kiat Memperoleh Inspirasi yang Cemerlang
shopback.co.id

Pengertian inspirasi pada dasarnya adalah ilham yang datang pada pikiran manusia dan akhirnya melekat pada jiwa atau hati manusia, akan tetapi inspirasi justru datang ketika ada rangsangan dari luar diri manusia.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) inspirasi berarti ilham. Merupakan ilham yang datang pada pikiran manusia dan akhirnya melekat pada jiwa atau hati manusia.

Akan tetapi inspirasi biasanya justru datang ketika ada rangsangan dari luar diri manusia.

Pengertian inspirasi secara umum adalah sebagai suatu proses yang mendorong manusia atau merangsang pikiran manusia untuk melakukan suatu tindakan, terutama untuk melakukan tindakan yang berhubungan dengan sesuatu yang kreatif.

Inspirasi biasanya dirangsang untuk melakukan tindakan setelah kita melihat, mendengar atau merasakan sesuatu yang ada di sekitar kita, terutama sesuatu yang menyentuh.

Pengertian inspirasi secara sederhana adalah percikan ide-ide kreatif yang muncul dengan sendirinya atau dengan mengamati/melakukan sesuatu di tempat tertentu yang terkadang waktu dan tempatnya jarang dikenali.


Perbedaan Inspirasi dan Motivasi


√ Pengertian Inspirasi dan Kiat-Kiat Memperoleh Inspirasi yang Cemerlang
iphincow.com

Inspirasi berbeda dengan motivasi. Motivasi merupakan suatu proses yang mendorong atau mempengaruhi seseorang untuk mendapatkan atau mencapai apa yang diinginkannya.

Sedangkan inspirasi merupakan ide-ide kreatif yang muncul dari dalam diri setelah ada rangsangan dari luar.

Namun inspirasi dapat dijadikan menjadikan sebuah motivasi bagi seseorang untuk mencapai tujuannya. Sebenarnya, inspirasi dan motivasi sama-sama berasal dari luar individu seseorang.

Inspirasi lebih kepada cara seseorang untuk menemukan ide, sehingga ide tersebut dalam perkembangannya akan menjadi suatu karya hasil dari kreativitas seseorang tersebut.

Berbeda dengan motivasi yang kebanyakan datang dari orang lain untuk menimbulkan atau memberikan semangat agar seseorang mampu atau memiliki semangat dalam menjalani kehidupannya di dunia ini.

Dalam menciptakan sebuah karya yang menarik, karya apapun itu, kita sangat membutuhkan yang namanya inspirasi. Inspirasi ini dipercaya bisa ditemukan dimanapun dan saat kapan saja, bahkan saat sedang bersama siapa saja lho.


Cara Memperoleh Inspirasi


√ Pengertian Inspirasi dan Kiat-Kiat Memperoleh Inspirasi yang Cemerlang
iblogger.id

Setelah memahami pengertian inspirasi, ada beberapa hal yang bisa memicu inspirasi bagi seseorang. Misalnya melalui kebiasaan atau suatu kondisi yang secara tidak langsung dan tidak sadar dapat memunculkan ide-ide brilian seseorang.

Terkadang inspirasi bisa muncul begitu saja ketika selesai menonton film, mendengarkan lagu, membaca buku atau melihat keadaan sekitar, kita jadi terinspirasi untuk membuat lagu ataupun sebuah cerita.

Ada beberapa situasi dan kondisi yang dapat merangsang munculnya inspirasi, diantaranya:

  • Memperoleh inspirasi dari menonton film.
  • Mendapatkan inspirasi dari buku.
  • Memperoleh inspirasi ketika melihat suasana alam.
  • Mendapatkan inspirasi ketika mendengar pembicaraan orang.
  • Memperoleh inspirasi ketika mencoret-coret kertas.
  • Mendapatkan inspirasi ketika sedang melaksanakan aktivitas fisik.
  • Memperoleh inspirasi ketika melakukan kegiatan sehari-hari, dan sebagainya.

Demikian artikel mengenai pengertian inspirasi. Semoga bermanfaat. Salam!

Keyword: Pengertian Inspirasi

Originally posted 2021-01-14 20:45:46.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.