Pengertian Hasil Belajar di Lingkungan Sekolah dengan Objek Siswa

Keyword: pengertian hasil belajar

Pada artikel kali ini, saya ingin mengulas tentang pengertian hasil belajar. Jika kamu bisa melihat dari berbagai literatur yang ada.

Tentu kamu akan mendapatkan beberapa penjelasan tentang apa sih pengertian hasil belajar itu dan mengapa hasil belajar siswa berbeda-beda?

Secara umum, hasil belajar diartikan sebagai perubahan perilaku siswa dan kemampuan yang dimiliki setelah belajar.

Dimana kemampuan ini wujudnya berupa kemampuan yang kognitif, afektif ataupun juga psikomotor yang tak hanya karena potensi saja tapi juga disebabkan karena pengalaman yang ada.

Hasil belajar dapat juga didefinisikan sebagai sebuah hal yang diperoleh ataupun dicapai oleh siswa karena usaha dan pikiran.

Yang kemudian dinyatakan ke dalam bentuk penguasaan, pengetahuan, ataupun kecakapan dasar yang ada di berbagai aspek kehidupan.

Hal ini terlihat dari diri individu tersebut mulai dari sikapnya, pengetahuan, perubahan dari tingkah laku, kecakapan dasar, dan lain sebagainya.


Pengertian Hasil Belajar


√ Pengertian Hasil Belajar di Lingkungan Sekolah dengan Objek Siswa
forum.teropong.id

Jika disimpulkan pengertian hasil belajar adalah sebuah hasil dari proses setelah belajar mengajar. Jadi hasil belajar disini sangat berperan di dalam proses pembelajaran itu sendiri.

Tujuan yang ingin dituju saat kegiatan pembelajaran tentu adalah hasil belajar itu sendiri. Jadi hasil belajar sangat menentukan sampai mana batas siswa tersebut bisa memahami dan mengerti materi yang disampaikan.

Hasil belajar juga menjadi bentuk dari prestasi belajar yang sudah dicapai siswa saat proses belajar mengajar dimana proses ini membuat sebuah perubahan dan juga pembentukan dari tingkah laku siswa itu sendiri.

Dengan kata lain, hasil belajar merupakan alat ukur untuk menilai kegiatan belajar dan juga proses belajar.

Yang kemudian dinyatakan ke dalam sebuah simbol, huruf, atau juga kalimat untuk memberikan gambaran tolak ukur dari hasil yang telah dicapai siswa pada suatu periode tertentu.


Ulasan Mengenai Pengertian Hasil Belajar


√ Pengertian Hasil Belajar di Lingkungan Sekolah dengan Objek Siswa
smabn.sch.id

Hasil belajar bisa dilihat dari kegiatan evaluasi yang tujuannya adalah untuk mendapatkan data pembuktian untuk menunjukkan tingkat kemampuan siswa guna mendapatkan tujuan dari pembelajaran itu sendiri.

Jadi, dengan melihat beberapa uraian di atas tentang definisi ataupun pengertian hasil belajar, secara umum hasil belajar merupakan hasil yang didapat siswa setelah melakukan kegiatan belajar.

Hasil belajar dapat juga dijadikan sebagai bukti dari keberhasilan yang sudah dicapai dengan melibatkan berbagai aspek mulai dari aspek kognitif, aspek afektif dan juga psikomotor yang diwujudkan ke dalam bentuk huruf, simbol ataupun kalimat.

Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor mulai dari kemampuan siswa tersebut dan kualitas dari pengajaran itu sendiri.

Maksud dari kualitas pengajaran adalah profesionalitas atau juga keahlian guru untuk melihat apakah guru sudah punya kemampuan dasar di bidang intelektual, sikap atau afektif serta di bidang psikomotorik yang sangat mempengaruhi hasil belajar siswa.

√ Pengertian Hasil Belajar di Lingkungan Sekolah dengan Objek Siswa
dosenpendidikan.com

Tak hanya itu, hasil belajar siswa bisa dipengaruhi juga oleh berbagai faktor misalnya faktor internal yang berarti faktor itu ada di dalam jasmaniah dan psikologis siswa itu sendiri.

Faktor eksternal yang artinya faktor yang merupakan pengaruh dari luar individu seperti keluarga, lingkungan sekolah ataupun juga masyarakat.

Jadi itu tadi pengertian hasil belajar yang bisa disampaikan pada artikel kali ini. Jika kamu ingin mendapatkan penjelasan yang lebih mendalam tentang definisi hasil belajar.

Kamu bisa mencari tau apa itu pengertian hasil belajar berdasarkan pendapat para ahli.

Semoga artikel ini dapat menjadi bermanfaat dan juga dapat menjadi referensi pengetahuan bagi orang-orang yang ingin paham dengan arti dari hasil belajar yang tepat.

Keyword: pengertian hasil belajar

Originally posted 2021-01-14 15:47:36.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.