8 Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli [Lengkap]

Pengertian Demokrasi – Demokrasi telah mengalami evolusi arti seiring berjalannya waktu sejak abad ke-18. Pengertian demokrasi sebenarnya diambil dari dua kata yaitu demos, artinya adalah rakyat dan kratos/cratein adalah suatu pemerintahan.

Jadi bila digabungkan mengandung makna berupa bentuk dari sistem pemerintahan yang bertujuan untuk mewujudkan suatu kedaulatan bagi rakyat dengan pemerintah sebagai pihak yang menjalankan.

Oleh sebab itu, sering sekali ada ungkapan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

Indonesia merupakan salah satu Negara yang menganut sistem ini, guna untuk menyejahterakan masyarakatnya, yang berada di seluruh pelosok negeri.


Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli


√ 8 Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli [Lengkap]
Image Source: idntimes.com
Pandangan akan pengertian demokrasi memang berbeda-beda, dan di ulasan ini akan di jabarkan beberapa ungkapan yang diutarakan oleh para ahli, yaitu:

– Pengertian Demokrasi Menurut Abraham Lincoln

Pemerintah adalah dari, oleh dan untuk rakyat.

– Pengertian Demokrasi Menurut Kranemburg

Berdasarkan bahasa Yunani yaitu demos (rakyat) dan cratein (memerintah). Jadi menurutnya adalah cara memerintah yang dibuat dari rakyat.

– Pengertian Demokrasi Menurut Harris Soche

Pemerintahan ada pada rakyat dan kekuasaan sangat berkaitan erat dengan rakyat.

– Pengertian Demokrasi Menurut Koentjoro Poerbopranoto

Suatu Negara yang sistem pemerintahannya dikuasai oleh rakyat. Hal tersebut menandakan bahwa adanya campur tangan dan keikutsertaan rakyat dalam suatu pemerintahan.

– Pengertian Demokrasi Menurut Internatinal Commision For Jurist

Bentuk pemerintahan yang digunakan untuk pembuatan keputusan politik yang diadakan oleh wakil-wakil yang telah dipilih sebelumnya dan memiliki tugas untuk bertanggung jawab kepada rakyat berdasarkan suatu pemilihan yang diadakan secara bebas.

– Pengertian Demokrasi Menurut Henry B. Mayo

Memperlihatkan adanya kebijakan umum yang ditentukan berdasarkan keputusan mayoritas dari wakil-wakil yang mendapatkan pengawasan efektif oleh rakyat.

Faktor itu didasarkan pada kesamaan politik di dalam suatu kondisi dimana kebebasan berpolitik telah terjamin kebebasannya.

– Pengertian Demokrasi Menurut Samuel Huntington

Sistem politik digunakan sebagai demokratis sejauh para pihak yang memiliki wewenang untuk membuat keputusan kolektif yang paling kuat pada sistem tersebut telah ditunjuk melalui suatu pemilihan umum (Pemilu)

Yang berprinsip pada keadilan, kejujuran dan berlaku untuk semua rakyat yang telah dewasa memiliki hak yang sama untuk memberikan suaranya dalam memilih pemimpin yang diinginkannya.

– Pengertian Demokrasi Menurut C. F Strong

Pemerintahan yang terdiri dari mayoritas orang dewasa yang menjadi anggota dari masyarakat yang berpolitik turut serta dengan sistem perwakilan yang telah menjamin bahwa pihak pemerintah pada akhirnya akan mampu melakukan pertanggung jawabannya terhadap suatu perilaku dan tindakan kepada mayoritas.

Diatas telah ada delapan definisi yang diambil dari pemikiran para ahli. Hal tersebut tentu saja memiliki makna yang sama yaitu menitik beratkan sistem pemerintahan pada rakyat sebagai tujuan dari pemerintahan yang berlaku.

Semoga pengertian demokrasi tersebut dapat menjadi informasi bagi anda.

Keyword:  Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Originally posted 2021-01-08 13:50:12.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.