Instrumen Penelitian | Pengertian dan Jenisnya (Penjelasan Lengkap)

Instrumen Penelitian – Pada tulisan ini kita akan membahas tentang pengertian instrumen penelitian dan beberapa hal lainnya terkait instrumen penelitian yang mungkin belum kamu ketahui.

Instrumen penelitian adalah suatu hal yang harus kamu pikirkan. Instrumen sendiri merupakan alat yang berfungsi untuk membantu peneliti dalam mengumpulkan data yang saat itu tengah diperlukan.

Sementara metode pengumpulan data sendiri adalah bentuk dari instrumen itu sendiri.


Instrumen Penelitian


√ Instrumen Penelitian | Pengertian dan Jenisnya (Penjelasan Lengkap)
jagoanilmu.net

Secara umum yang dimaksud dengan instrumen penelitian adalah alat yang tujuannya untuk mengumpulkan data dan informasi yang bermanfaat guna untuk menjawab permasalahan yang ada di dalam sebuah penelitian.

Alat yang dipilih harus disesuaikan dengan jenis metode yang kamu gunakan dalam penelitian, agar data yang diperoleh juga ikut relevan.

Alat-alat yang digunakan dalam penelitian biasanya disusun apabila seorang peneliti telah selesai membuat konsep penelitiannya.

Konsep terkait pemahaman mengenai variabel atau juga hubungan antar variabel menjadi modal penting bagi peneliti.

Agar diperoleh konsep yang bagus, peneliti bisa menjabarkan secara detail dalam bentuk metode sehingga dapat diketahui secara jelas apa saja jenis instrumen yang dibutuhkan dalam penelitian yang akan dilakukannya.

Instrumen dapat juga diartikan sebagai alat untuk memenuhi persyaratan di bidang akademis, jadi alat ini digunakan untuk mengukur sebuah objek atau mengumpulkan data tentang sebuah variabel tertentu.

√ Instrumen Penelitian | Pengertian dan Jenisnya (Penjelasan Lengkap)
sosiologis.com

Berdasarkan uraian yang ada, dapat disimpulkan jika instrumen penelitian merupakan alat bantu peneliti yang digunakan untuk mengukur dan mengumpulkan informasi.

Baik yang bersifat kuantitatif ataupun kualitatif sebagai bahan olahan yang berkaitan dengan objek yang saat itu tengah diteliti.

Pada bidang pendidikan, instrumen sendiri sangat berguna untuk mengukur prestasi siswa. Instrumen tersebut berupa alat untuk mengukur faktor-faktor yang diduga punya hubungan atau pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), instrumen penelitian adalah benda yang digunakan untuk mengerjakan sesuatu misalnya alat yang digunakan oleh pekerja teknik, alat-alat kedokteran, optik, dan juga analisis kimia.

Instrumen penelitian juga diartikan sebagai sarana penelitian yaitu seperangkat tes dan lain-lain untuk dikumpulkan kemudian digunakan sebagai bahan pengolahan.

Menurut Suharsimi Arikunto, instrumen penelitian adalah alat bantu yang dipilih dan digunakan peneliti untuk menunjang kegiatannya dalam mengumpulkan data sehingga kegiatan yang dilakukan jadi sistematis dan lebih mudah.


Jenis-Jenis Instrumen Penelitian


Beberapa jenis instrumen penelitian terdiri dari:

1. Tes

√ Instrumen Penelitian | Pengertian dan Jenisnya (Penjelasan Lengkap)
dosensosiologi.com

Tes merupakan kumpulan soal atau pertanyaan yang bermanfaat dan juga sebagai alat ukur variabel tertentu berupa kapabilitas, keterampilan, sikap, intelegensi, dan bakat yang dimiliki baik individu maupun kelompok.

2. Kuesioner

√ Instrumen Penelitian | Pengertian dan Jenisnya (Penjelasan Lengkap)
dokumen.tips

Kuesioner atau angket yang dimaksud merupakan teknik mengumpulkan data dengan mengajukan beberapa pertanyaan tertulis bertujuan untuk mendapatkan informasi dari responden tersebut.

3. Wawancara

√ Instrumen Penelitian | Pengertian dan Jenisnya (Penjelasan Lengkap)
maxmanroe.com

Wawancara atau interview adalah instrumen penelitian yang tujuannya adalah menilai keadaan seseorang.

4. Observasi

√ Instrumen Penelitian | Pengertian dan Jenisnya (Penjelasan Lengkap)
kosngosan.com

Jenis instrumen penelitian berikutnya adalah observasi dimana pada observasi ini dilakukan pengamatan dan juga pencatatan sistematik terhadap fenomena yang tengah diselidiki.

Di dalam instrumen penelitian juga terdapat dokumentasi dimana jenis ini adalah bentuk dari pengabadian, bisa juga menjadi arsip atau barang yang akan disimpan lama.

Jadi itulah tadi informasi tentang instrumen penelitian yang dapat kami jelaskan pada artikel ini.

Semoga penjelasan tadi dapat bermanfaat serta bisa menjadi referensi untuk para pembaca sekalian dalam memahami apa itu instrumen penelitian dengan benar.

Keyword: Instrumen Penelitian

Originally posted 2021-01-06 11:05:57.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.