2 Cara Membuat Bagan di Word (Mudah dan Cepat)

Bagan sering kita jumpai ketika kita memasuki sebuah instansi, baik sekolah, perkantoran dan lain sebagainya, dan biasanya bagan struktur organisasi akan dipajang di tempat potensial di sudut ruangan. Kali ini penulis akan memaparkan cara membuat bagan di Word dengan mudah.

Salah satu program atau software Microsoft Office yang sering digunakan adalah Microsoft Word. Seluruh kebutuhan perkantoran, Pendidikan, perdagangan, dan lain sebagainya banyak yang menggunakan Word untuk membuat sebuah dokumen yang dibutuhkan.

tips membuat bagan struktur organisasi kelas di word

Salah satu fitur dari Microsoft Word yang sering digunakan adalah untuk membuat sebuah bagan. Mulai dari bagan struktur organisasi kelas, bagan pertandingan sepakbola, bahkan sampai bagan struktur perusahaan pun bisa kalian buat hanya dengan menggunakan Microsoft Word.

Oke, langsung saja berikut adalah beberapa cara membuat bagan di Word dengan mudah untuk kalian.

Apa Yang Dimaksud Dengan Bagan Organisasi?

tips membuat bagan struktur organisasi di word

Sebelum kita memasuki tutorial membuat bagan, akan sedikit penulis jelaskan tentang apa itu bagan organisasi.

Bagan organisasi adalah sebuah diagram yang menunjukkan sebuah struktur internal dalam organisasi, instansi maupun perusahaan. Yang dibuat secara visual untuk menjelaskan tentang peran, tanggung jawab, dan hubungan antar pribadi di sebuah Lembaga.

Selain itu, bagan organisasi menggambarkan secara rinci tentang sebuah unit maupun divisi yang ada di sebuah lembaga atau organisasi tersebut.

Baca Juga : Cara Membuat Grafik di Word

Manfaat Bagan Organisasi

tips membuat bagan di word yang menarik

Manfaat dari bagan organisasi sendiri adalah untuk menjelaskan sebuah tanggung jawab atau jabatan setiap individu di dalam sebuah internal organisasi.

Kemudian, bagan organisasi digunakan untuk menjelaskan jalur atau hubungan di dalam internal organisasi, yang memudahkan koordinasi dan komunikasi lintas unit maupun divisi.

Selain itu, bagan organisasi berfungsi juga sebagai pengendalian dan pengawasan dari pimpinan terhadap masing-masing coordinator maupun anggota yang ada di setiap unit maupun divisi. Maka dari itu, bagan dirasa sangat penting adanya di dalam sebuah internal organisasi.

Artikel Menarik Lainnya : Cara Mengubah PDF ke Excel

Empat Tipe Bagan Organisasi

Ada 4 tipe bagan yang harus kalian ketahui :

1. Bagan Mendatar

tips membuat bagan di word 2016

Merupakan sebuah bentuk bagan atau struktur organisasi yang digambarkan dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun menyamping kanan ke kiri atau sebaliknya

2. Bagan Lingkaran

tips membuat bagan di word 2013

Sebuah bentuk bagan organisasi yang digambarkan dari pucuk pimpinan hingga satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun dari pusat lingkaran ke arah bidang lingkaran.

3. Bagan Setengah Lingkaran

tips membuat bagan di word 2010

Bagan organisasi yang digambarkan dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah yang disusun dari pusat lingkaran ke bidang bawah lingkaran atau sebaliknya.

Kamu Wajib Tahu : Cara Mengubah PDF ke PPT

4. Bagan Elips

Merupakan bentuk bagan satuan organisasi yang digambarkan dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun dari pusat elips ke bidang elips.

Baca Ini Juga : Cara Membuat Flowchart di Word

Cara Membuat Bagan di Word

Nah, sekarang mari kita bahas tentang bagaimana cara membuat bagan di Microsoft Word. Ada 2 cara membuat bagan di Microsoft Word dengan mudah :

1. Membuat Bagan Dengan Shapes Text Box Dan Line

Untuk tutorial yang pertama penulis akan menjelaskan membuat bagan dengan memanfaatkan Shapes, Text Box dan Line, berikut beberapa tahapannya :

  • Langkah yang pertama, silahkan kalian buka Microsoft Word dengan membuat file baru atau menyisipkan di dalam halaman file yang sudah kalian sediakan.
  • Kemudian, pada bagian atas tampilan Microsoft Word, silahkan kalian klik menu ‘Insert’, lalu klik ‘Shapes’.

trik bikin bagan pertandingan di word

  • Jika sudah silahkan kalian pilih ‘text box’ yang ada di dalam menu ‘Shapes’.

trik bikin bagan struktur organisasi kelas di word

  • Selanjutnya drag ke dalam lembar kerja Microsoft Word, silahkan atur ukuran text box sesuai dengan kebutuhan, jangan lupa variasikan warna, outline yang menarik, dan tambahkan text.

trik bikin bagan struktur organisasi di word

  • Jika sudah, buatlah text box seperti di atas sesuai jumlah yang dibutuhkan, silahkan kalian copy paste dan edit isi text dalam text box tersebut, lalu atur tempatkan text box sesuai dengan yang kalian butuhkan.

trik bikin bagan di word yang menarik

  • Selanjutnya silahkan kalian hubungkan setiap bagian dari bagan tersebut. Untuk menghubungkan antar Text Box kalian klik ‘Shape’ lalu pilih ‘line’.

trik bikin bagan di word 2016

  • Kemudian kalian tinggal drag line tersebut dan gabungkan setiap bagian dari bagan tersebut.

trik bikin bagan di word 2013

Note : Kalian bisa mengkreasikan sendiri warna dan penataan dari bagan seperti yang telah dicontohkan di atas.

2. Membuat Bagan atau Struktur Dengan SmartArt

Selain dengan menggunakan cara di atas, kalian bisa membuat bagan dengan memanfaatkan template yang ada di SmartArt. Berikut cara membuat bagan di Word dengan menggunakan SmartArt.

  • Langkah pertama silahkan kalian buka Microsoft Word yang ada di PC atau laptop kalian.
  • Jika sudah, yang harus kalian lakukan adalah buat file baru atau kalian bisa sisipkan pada halaman baru yang terdapat file dokumen yang ingin dibuatkan bagan.
  • Selanjutnya silahkan pilih menu ‘Insert’ yang terdapat di bagian atas tampilan Word lalu pilih SmartArt.

trik bikin bagan di word 2010

  • Kemudian akan muncul tampilan menu pada SmartArt, silahkan pilih ‘Hierarchy’ kemudian pilih layout sesuai dengan yang kalian inginkan.

trik bikin bagan di word 2007

  • Sebagai contoh penulis akan menggunakan layout seperti pada gambar di bawah ini.

trik bikin bagan di word online

  • Silahkan kalian isi semua kotak atau yang tersedia sesuai struktur organisasi atau perusahaan kalian. Selanjutnya kalian bisa atur posisi dan menambah shape dengan cara klik kanan mouse kalian.

trik bikin bagan di word Android

  • Nah, berikut adalah hasil dari bagan yang dibuat dengan menggunakan SmartArt.

tips membuat bagan pertandingan di word

Penutup

Bagaimana sangat mudah bukan? Kalian bisa melakukan tutorial yang dicontohkan di atas dengan menggunakan Microsoft Word 2007, 2010, 2013 dan sebagainya. Hanya saja, mungkin tampilan setiap versinya akan sedikit berbeda.

Semoga sedikit ulasan tentang cara membuat bagan di Word tadi dapat membantu kalian. Jangan lupa untuk share ke taman atau saudara kalian yang membutuhkan yaa. Selamat mencoba 😊

Leave a Comment