13 Rekomendasi Antivirus Terbaik Untuk PC dan Android yang Ringan

Penggunaan perangkat elektronik seperti komputer, laptop hingga smartphone semakin meningkat setiap waktunya. Berbagai pekerjaan menjadi lebih mudah dilakukan karena bantuan teknologi. Seiring penggunaan perangkat komputer yang meningkat, Kamu juga harus mengetahui antivirus terbaik.

Antivirus menjadi aplikasi yang perlu digunakan untuk membuat perangkat komputer maupun handphone menjadi lebih aman. Pada umumnya, pada perangkat komputer sudah terinstall aplikasi antivirus.

Tersedianya aplikasi antivirus pada perangkat komputer merupakan hal yang sangat penting seiring dengan banyaknya waktu yang dihabiskan dalam penggunaan perangkat ini.

Jadi, apakah saat ini Kamu sudah menggunakan antivirus?

Kenapa Harus Pakai Antivirus?

proteksi virus terbaik untuk pc

Pernahkah Kamu bertanya, mengapa antivirus merupakan aplikasi yang wajib digunakan? Memangnya apa yang akan terjadi jika perangkat komputer tidak memiliki aplikasi ini?

Salah satu fungsi utama antivirus ialah untuk membasmi virus yang ada pada komputer. Aplikasi ini akan melindungi komputer maupun handphone dari program program jahat yang bisa merusak data.

Bahaya virus untuk perangkat elektronik sangat berbahaya mulai dari membuat kinerja menjadi lambat hingga merusak perangkat hingga tidak bisa digunakan sama sekali.

Hal ini membuat setiap perangkat komputer dan smartphone harus menggunakan Antivirus. Dengan antivirus maka perangkat bisa lebih aman dari berbagai program dan virus berbahaya.

Baca Juga : Aplikasi Desain Baju Paling Keren

10 Rekomendasi Antivirus Terbaik dan Ringan Untuk PC dan Laptop

Sedang mencari antivirus untuk perangkat komputer? Berikut ini ialah beberapa rekomendasi antivirus yang mampu menjaga perangkat komputer Kamu tetap aman.

1. Avast

proteksi virus terbaik gratis

Berbicara tentang antivirus, Avast merupakan antivirus yang direkomendasikan oleh banyak orang. Proses instalasi software ini cukup mudah dan cepat sehingga bisa dilakukan oleh siapapun.

Avast cocok digunakan bagi Kamu yang membutuhkan antivirus sekaligus anti spyware. Software ini mampu memberikan perlindungan pada komputer secara realtime dan mampu mendeteksi program dan software yang berbahaya.

Ukurannya yang ringan tidak akan membuat kinerja komputer menjadi lambat. Software ini juga bisa digunakan secara gratis dan permanen.

Kelebihan Kekurangan
Proses instalasi yang cepat, bisa digunakan oleh komputer berspesifikasi rendah Tidak dapat memindai archive yang terpassword.

2. AVG Antivirus

proteksi virus terbaik yang gratis

Antivirus yang terkenal dan digunakan banyak pengguna komputer ialah AVG Antivirus. Alasan pertama ialah penggunaan antivirus ini mudah didapatkan dan memiliki beragam fungsi penting untuk mengatasi beragam virus berbahaya.

Sejak dirilis dari tahun 2010, antivirus ini dapat memblokir dan menghapus virus maupun malware yang berbahaya bagi komputer. Apabila antivirus ini salah mendeteksi, maka komputer akan tetap aman selama AVG Antivirus terpasang di komputer kamu.

Namun, apabila menggunakan versi gratis maka virus dan program berbahaya hanya dikarantina saja. Layanan berbayar akan langsung melakukan penghapusan virus dan program berbahaya.

Antivirus ini juga bisa mendeteksi link maupun tautan website yang berbahaya dan bisa mendatangkan virus lainnya.

Kelebihan Kekurangan
Proses memindai yang cepat dan tidak mengganggu kinerja komputer Proses instalasi yang cukup rumit

3. Smadav

proteksi virus terbaik di windows 10

Siapa sih yang tidak pernah mendengar antivirus bernama Smadav? Pengguna perangkat komputer Indonesia sudah sangat akrab dengan antivirus satu ini.

Dikembangkan oleh developer Indonesia, antivirus ini mampu mengatasi virus lokal yang cukup berbahaya. Aplikasinya yang ringan cocok digunakan bagi perangkat komputer yang memiliki spesifikasi rendah.

Artikel Menarik Lainnya : Aplikasi Karaoke PC Terbaik

Antivirus ini juga mampu memberikan perlindungan atas koneksi external seperti memory card, flashdisk dan lainnya yang sering membawa virus berbahaya.

Kelebihan Kekurangan
Efektif untuk melindungi komputer dari koneksi eksternal. Tidak bisa mengatasi virus asing dengan baik.

4. 360 Total Security

proteksi virus terbaik untuk windows 10

Ingin mencari antivirus yang memiliki fitur lengkap? 360 Total Security adalah antivirus yang terkenal karena fitur yang lengkap dan banyak.

Meskipun fiturnya banyak, namun software ini ringan dan tidak membuat berat kinerja perangkat komputer. Dengan penggunaan antivirus ini, komputer akan mendapatkan perlindungan ekstra dan terbebas dari virus berbahaya.

Kamu Wajib Tahu : Aplikasi Cari Jodoh Rekomended

Fitur fitur lainnya yang mendukung keamanan komputer ialah web protection dan auto scanning of files.

Kelebihan Kekurangan
Fitur keamanan yang lengkap Pada versi gratis tidak memiliki fitur selengkap versi berbayar

5. Norton Security

proteksi virus terbaik android

Antivirus selanjutnya ialah Norton Security yang memiliki tampilan yang user friendly. Proses scanning yang dilakukan oleh antivirus ini relatif lebih singkat. Namun jangan khawatir, proses scanning tetap dilakukan dengan mendetail.

Antivirus ini mampu mendeteksi masalah dengan tanggap dan memiliki backup file. Jika pengguna komputer tidak sengaja menghapus program maupun file yang dibutuhkan, maka Norton Security bisa memunculkan program tersebut.

Terdapat fitur smart firewall yang akan mengawasi lalu lintas yang pada website Anda. Apabila ditemukan arus lalu lintas yang tidak wajar maka akan dilakukan pemblokiran sumber.

Kelebihan Kekurangan
Proses memindai virus yang teliti dan cepat Tidak akurat untuk proses pindai virus dari flashdisk

6. Kaspersky Total Security

proteksi virus terbaik untuk android

Bagi Kamu yang menginginkan keamanan tingkat tinggi pada komputer, Kaspersky Total Security merupakan pilihan yang tepat.

Antivirus ini merupakan yang terbaik dalam melindungi komputer dari berbagai virus berbahaya. Sulit bagi virus untuk menembus keamanan dari antivirus ini.

Software ini menawarkan perlindungan terbaikĀ  dengan proses scanning yang cepat. Terdapat berbagai fitur lainnya yang membuat komputer menjadi aman. Fitur tersebut diantaranya two factor authentication dan pengelolaan password.

Kelebihan Kekurangan
Tampilannya user friendly dan bisa melakukan pembaruan secara otomatis Pemakaian RAM yang cukup besar

7. Avira Free Security Suite

proteksi virus terbaik tahun 2021

Aplikasi antivirus 2021 selanjutnya yang praktis dan ringan ialah Avira Free Security Suite. Versi gratis dari antivirus ini sudah memiliki fitur yang cukup untuk mengamankan komputer dari berbagai virus, program hingga spyware berbahaya.

Baca Ini Juga : Aplikasi Untuk Membuat CV Terbaik 2021

Hebatnya lagi antivirus ini juga mampu mendeteksi virus baru yang belum kenali dengan diketahui sebelumnya. Baik virus yang sederhana maupun virus yang kompleks bisa dikenali dengan cepat.

Avira Free Security Suite ini juga melakukan scanning real time yang cepat.

Kelebihan Kekurangan
Melindungi komputer dari berbagai virus dan dapat mengidentifikasinya secara otomatis. Proses intasalansi yang cukup lama.

8. Eset Smart Security Premium

proteksi virus terbaik 2021

Bagi Kamu yang membutuhkan komputer untuk pekerjaan dan akan merugi jika komputer terkena virus, gunakanlah antivirus yang berkualitas.

Eset Smart Security Premium merupakan antivirus yang sering digunakan oleh berbagai kantor. Antivirus ini juga dapat melindungi data data Kamu apabila terjadi kehilangan laptop.

Berbagai sistem operasi bisa menggunakan antivirus ini mulai dari Windows 10, Mac hingga Linux. Terdapat teknologi enkripsi yang akan menjaga berbagai file dan media untuk tetap privat.

Keamanan para pengguna sangat diperhatikan bahkan hingga proses pembayaran. Identitas pengguna akan tetap terjaga dan terlindungi.

Kelebihan Kekurangan
Fitur yang lengkap Tidak tersedia versi gratis

9. McAfee Total Protection

proteksi virus terbaik dan ringan

Satu lagi antivirus premium yang memberikan perlindungan maksimal terhadap perangkat komputer. McAfee Total Protection memberikan berbagai fitur lengkap untuk menjamin keamanan data komputer.

Tampilan software juga user friendly dan nyaman digunakan oleh pengguna. Software ini juga ringan dan bisa meningkatkan kinerja komputer karena adanya teknologi cloud – based threat.

Ketika Kamu menjelajah internet, kegiatan akan menjadi lebih mudah karena adanya ad blocker. Iklan iklan yang mengganggu akan jauh lebih berkurang.

Kelebihan Kekurangan
Fitur yang lengkap dan dilengkapi teknologi mutakhir Kesulitan dalam memindai beberapa virus lokal

10. Sophos Home

antivirus terbagus untuk pc

Ingin memiliki antivirus yang bisa melindungi lebih dari satu perangkat komputer? Sophos Home menjadi antivirus yang bisa digunakan oleh banyak perangkat sehingga lebih efisien.

Antivirus ini mampu melindungi seluruh perangkat komputer dari virus dan malware berbahaya. Jika kamu sedang menggunakan browser, antivirus ini juga akan memberikan perlindungan yang maksimal.

Antivirus ini bisa digunakan untuk 10 perangkat komputer baik yang menggunakan sistem operasi Windows maupun Mac.

Kelebihan Kekurangan
Bisa digunakan lebih dari satu perangkat Instalasi dan penggunaannya sulit dipahami oleh pemula

Untuk melindungi perangkat komputer, pilihlah antivirus yang telah direkomendasikan sesuai dengan kebutuhan.

3 Rekomendasi Antivirus Untuk Android

Selain penggunaan komputer, penggunaan smartphone juga semakin meningkat setiap saatnya. Smartphone dengan sistem operasi Android memiliki pengguna terbanyak di dunia.

Bagi Kamu pengguna Android, gunakan antivirus untuk melindungi smartphone dari situs berbahaya. Belum menggunakan antivirus apapun? Yuk simak beberapa rekomendasi antivirus terbaik yang bisa Kamu gunakan.

1. Avira Antivirus Security

antivirus terbagus gratis

Selain memiliki software antivirus untuk perangkat komputer, Avira juga memiliki antivirus yang bisa digunakan pada ponsel Android. Avira Antivirus Security merupakan antivirus gratis yang bisa digunakan oleh para pengguna Android.

Software ini mampu melindungi smartphone dari berbagai virus dan program berbahaya. Aplikasi ini juga dapat melindungi berbagai data penting pengguna seperti kontak, media, email dan kartu kredit.

Kelebihan Kekurangan
Dukungan Berbagai Bahasa, Fitur yang lengkap Terkadang terdapat masalah dengan device administration

2. CM Security Master

antivirus terbagus yang gratis

Salah satu antivirus Android yang sering digunakan ialah CM Security Master. Aplikasi ini memberikan perlindungan bagi Android untuk dapat memiliki kinerja yang baik.

Memiliki pendeteksi virus yang baik, aplikasi ini juga memiliki fitur lainnya yang tak kalah berguna. Diantaranya ialah fitur membersihkan sampah di handphone sehingga handphone memiliki kinerja yang lebih baik.

Aplikasi ini juga ringan untuk diinstall pada berbagai smartphone Android.

Kelebihan Kekurangan
Melakukan scanning virus secara realtime Terdapat cukup banyak iklan

3. Kaspersky Mobile Antivirus : AppLock & Web Security

antivirus terbagus di windows 10

Smartphone merupakan perangkat yang sering digunakan untuk berbagai kegiatan. Oleh karena itu, melakukan perlindungan pada perangkat ini merupakan hal yang penting.

Gunakan aplikasi antivirus terbaik untuk melindungi Android Kamu. Kaspersky Mobile Antivirus : AppLock & Web Security merupakan pilihan terbaik, sebenarnya aplikasi ini juga bisa digunakan oleh para pengguna iOS.

Aplikasi ini mampu menyaring situs dan link berbahaya bagi Android. Sehingga Kamu akan mendapatkan peringatan apabila ingin membuka situs berbahaya

Kelebihan Kekurangan
Fitur lengkap dan tersedia web protect Tidak bisa digunakan pada seluruh browser

Kesimpulan

Bahaya virus dan program berbahaya bagi perangkat komputer dan smartphone membuat Kamu perlu menggunakan aplikasi antivirus. Dengan adanya aplikasi ini, maka smartphone dan perangkat komputer akan lebih terlindungi dan kinerja komputer akan terus stabil.

Gunakan aplikasi antivirus terbaik yang telah direkomendasikan di atas. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi perangkat.

Leave a Comment