6 Cara Membuat Google Form (Cara Paling Mudah!)

Pada saat sekarang ini, banyak orang yang menerima link berisi form yang harus diisi. Entah berupa kuisioner, absensi, ataupun soal ujian. Tapi, apa itu Google Form? Bisakah kita membuatnya secara pribadi.

Tentu aja bisa. Di sini, gue akan menjelaskan seluk beluk Google Form dengan detail.

Pengertian Google Form

Jadi, sebelum masuk ke tutorial, gue akan ngejelasin dulu, nih, apa itu Google Form. Google Form ini lahir tahun 2008 dan awalnya cuma sebagai salah satu fitur di Google Spreadsheet.

Form di Google Spreadsheet ini awalnya bisa diformat dalam bentuk terpisah, terus dengan tanggapan yang bisa disalin otomatis ke Spreadsheetnya itu sendiri. But, seiring berjalannya waktu, pihak Google sendiri makin banyak, nih, ke Google Form.

Sampai akhirnya pada tahun 2016, Google Form jadi aplikasi mandiri dengan banyak template. Sekarang, dari yang gue tahu (dan lu semua tahu juga) Google Form adalah alat pembuat formulir dengan fitur tabf lengkap dan bisa digunakan gratis dari akun Google yang lu milikin.

Ajaibnya adalah lu bisa menyesuaikan pertanyaan, tema, dan mengumpulkan tanggapannya ke Google Spreadsheet sehingga lebih gampang buat dibaca.

Fungsi Google Form

Google Form masuk ke dalam bagian dari Google Drive. Jadi bisa dibilang kalau lu mau pakai Google Forms, lu harus punya dan harus login ke akun Google. Kalau enggak punya akun Google, lu gak akan bisa memakai yang namanya Google Form.

Google Form sendiri punya banyak fungsi. Beberapa di antaranya adalah:

  • Bisa melakukan distribusi dan tabulasi secara online dengan hasil yang real time
  • Lu bisa ngelakukan real time collaboration. Artinya, Form bisa diisi oleh 50 orang dalam waktu yang bersamaan dan perubahannya juga bisa disimpan secara otomatis.
  • Google Form ini aman untuk menyimpan berkas penting. Lu gak perlu takut tanggapan yang udah dikumpulkan hilang, rusak, atau bahkan diserang virus.
  • Go green udah banyak dikampanyekan. Dengan menggunakan Google Form, lu bakalan mendorong paperless culture, which is bagus untuk mendukung proyek Go green.

Di masa pandemi, penggunaan Google Form justru makin meluas. Google Form biasa digunakan untuk mengadakan kuis, ujian, survey, kuisioner, formulir registrasi, dan beberapa hal lain secara online. mantap jiwa, kan?

Artikel Menarik : Cara Mengatasi Playstore Tidak Bisa Download

Cara Membuat Google Form dari HP

Yang bagus dari Google Form ini adalah lu gak harus membuatnya dari laptop saja. Meskipun pembuatan Google Form dari laptop punya hasil yang lebih maksimal. Lu bisa mencoba cara membuat Google Form dari HP.

Tutorialnya simple, kok. Selama lu ada kuota dan perangkat lu support, pasti bisa membuat Google Form dari HP.

Berikut tutorialnya:

1. Buka alamat situs Google Form dari Google Form. Kalau gue ngerekomendasikan dari Google Chrome.

tutorial membuat google form 2021

2. Setting pengaturan Chrome menjadi versi dekstop dengan cara klik titik tiga di kanan atas Chrome dan tekan centang di Dekstop Site

tutorial membuat google form 2020

3. Mulai buat formulir yang lu Bisa coba pake template yang sesuai dengan kebutuhan.

langkah membuat google form terbaru

4. Lu bisa mengatur jenis pertanyaan dari Bisa berupa paragraf, pilihan ganda, kotak centang, dan lain sebagainya. Sesuaikan aja dengan kebutuhan. Tambah pertanyaan dengan mengklik tanda + di sebelah kanan.

5. Supaya form yang lu bikin lebih estetis, silahkan ubah header form dengan cara: menu kotak cat > pilih gambar > unggah > pilih gambar dari perangkat > crop dan selesai

6. Sesuaikan warna tema dan sampai di sini, form yang lu buat udah selesai.

Bagikan link dan tunggu sampai koresponden selesai mengisi form yang lu. Gimana? Gampang, kan?

Kamu Wajib Baca : Cara Mudah Memperbaiki Keyboard Laptop

Cara Membuat Google Form di Laptop

Google FormĀ  berguna banget untuk interaksi virtual formal yang memang gak bisa dilakukan di sosial media. Tapi masih banyak banget yang awam tentang bagaimana cara membuat Google Form itu sendiri.

Sekarang, gue akan menjelaskan bagaimana cara membuat Google Form di laptop. Sebenarnya gak jauh beda dari membuat Google Form di HP. Tergolong gampang banget, malah. Ikuti aja tutorial di bawah ini:

1. Buka halaman Google Drive kemudian Google Docs. Gue masih menyarankan untuk membukanya melalui Chrome (atau lu bisa langsung klik di: Google Form)

2. Setelah halaman Google Form terbuka, akan ada beberapa template yang bisa lu Pilih blank (atau bisa pilih template yang disuka)

3. Kalau mau membuat pertanyaan klik Untitled Question dan masukkan pertanyaan.

4. Kalau lu mau mengubah jenis pertanyaan di Google Form, lu bisa klik tanda panah ke bawah dan kalau mau menambah pertanyaaan lain bisa Add Question.

Lu juga bisa menyalin tipe pertanyaan sebelumnya dengan cara mengeklikĀ Duplicate

Cara Membuat Google Form di iPhone

Untuk cara membuat Google Form di iPhone, sebenarnya enggak jauh beda dari cara membuat Google Form dari HP. Semuanya sama.

Dan kayaknya, gue enggak perlu menjelaskan lagi karena pada dasarnya langkah-langkahnya sama aja.

Note: Perangkat iPhone biasanya menggunakan safari. Jika memungkinkan, pakai Chrome agar otomatis tersambung dengan akun Google kalian.

Cara Membuat Google Form untuk Absen

Cara membuat Google Form untuk absen dan untuk kuisioner sebenarnya tidak begitu sulit. Langkahnya sama saja seperti langkah membuat Google Form di atas.

Yang penting adalah bagaimana menyusun daftar pertanyaan yang sesuai dengan kebutuhan. Kemudian, untuk absensi sebaiknya ada batas waktu yang dibuat.

Berikut tutorial untuk membuat batas waktu di Google Form:

1. Klik tombol titik tiga kanan atas di halaman Google Form, lalu selanjutnya lu pilih Script editor atau Editor Skrip

tutorial membuat google form terkini

2. Nah, tadi kita ngebahas soal batasan waktu. Untuk ini, lu bisa ngegunain add ons dari pihak ketiga. Buka daftar add on atau pengaya-nya google, pilih Form Limiter dan pilih add on / pengaya

langkah membuat google form pakai laptop

3. Pilih dan tekan sesuai dengan tanda panah seperti pada gambar

langkah membuat google form di hp

4. Setelah ketemu dengan add ons nya, silahkan Install > Lanjutkan > berikan izin akses/ lalu pilih selesai jika sudah selesai install

langkah membuat google google form untuk absen

tutorial membuat google form gratis

langkah membuat google for terupdate

Penting Untuk Kamu Tau : Cara Melihat IP Address

Cara Membuat Google Form ke Format PDF

Nah, setelah dari tadi direcokin dengan cara membuat Google Form dari semua perangkat, sekarang gue akan ngasih tau cara mengubah Google Form ke format PDF.

Note: Yang tersimpan di sini adalah Formulirnya, bukan hasil tanggapannya. Untuk menyimpan hasil tanggapan, bisa dicoba dengan tutorial selanjutnya.

Berikut tutorialnya:

1. Buka Google Formulir di Google Form

2. Unduh Soal dengan mengklik print.

3. Tombol print ini selain berfungsi untuk mencetak, bisa juga lu gunain untuk menyimpan nya dalam bentuk pdf dan mencetak nya kapan saja

langkah membuat google form free

4. Menyimpan soal format Pdf, lu harus memastikan anda telah mengganti file anda dengan pilihan simpan sebagai pdf (akan tampak seperti gambar di bawah ini) kemudian anda dapat menyimpan file tersebut.

langkah membuat google form buat kuis

5. Pilih lokasi penyimpanan anda.

tutorial membuat google form 2020

Cara Membuat Google Form ke Format Excel

Biasanya yang disimpan dalam format Excel adalah tanggapan yang dikirim oleh koresponden. Berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk membuat Google Form ke Format Excel:

1. Buka Form dan klik tanggapan form kemudian klik icon sheet warna hijau

tutorial membuat google form terkini

2. Nantinya bakalan muncul laporan hasil tanggapan dalam bentuk google sheet

3. Selanjutnya klik File kemudian lu tinggal klik unduh sebagai Microsoft excel.xlsx

tutorial membuat google form pakai excel

4. Beri nama file dan simpan

tutorial membuat google form singkat

Baca Juga : Cara Mengisi Token Listrik

Kesimpulan

Cara membuat Google Form sebenarnya gampang. Gue yakin kalian bisa banget membuatnya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kalian.

Jadi, gimana? Mau coba cara membuat Google Form yang mana?

Leave a Comment