Unsur-Unsur Negara ini Wajib Kamu Pelajari sebagai Rakyat yang Baik

Unsur-unsur negara ada empat, yaitu memiliki rakyat, wilayah, pemerintah yang berdaulat, dan pengakuan dari negara lain.

Jika diperhatikan, unsur-unsur negara tersebut juga merupakan syarat terbentuknya negara.

Unsur-unsur negara yang akan dijelaskan secara singkat di postingan ini meliputi keempat syarat terbentuknya negara. Tanpa memenuhi empat unsur tersebut, negara tidak dapat berdiri.

Kontroversi muncul ketika kita melihat negara seperti Israel. Banyak pendapat yang mengatakan bahwa Israel tak punya wilayah.

Versi lain menyebutkan bahwa rentang historis yang kompleks menunjukkan bahwa tanah Palestina sejak dahulu telah dihuni oleh bangsa Israel.


Penjelasan terkait Unsur-Unsur Negara


Baiklah berikut beberapa uraian singkat mengenai keempat unsur-unsur negara.

1. Rakyat

√ Unsur-Unsur Negara ini Wajib Kamu Pelajari sebagai Rakyat yang Baik
victorynews.id

Untuk membentuk sebuah negara pertama-tama harus ada rakyat. Dalam istilah yang lebih umum sering pula digunakan istilah masyarakat atau kumpulan individu-individu yang saling berinteraksi dan mendiami suatu wilayah.

Istilah rakyat secara implisit mengandaikan adanya kelompok lain yang memiliki power lebih besar ketimbang rakyat, yaitu pemerintah.

Adanya rakyat artinya ada orang-orang yang hidup dan menjadi subjek pemerintahan dan aturan yang ditegakkan.

Negara tanpa rakyat bukanlah negara, melainkan tanah antah berantah berupa pulau-pulau tak berpenghuni.

Rakyat bisa pula disebut sebagai penduduk warga negara, sebagai penegasan di sini bahwa ada pula penduduk non-warga negara.

2. Wilayah

√ Unsur-Unsur Negara ini Wajib Kamu Pelajari sebagai Rakyat yang Baik
dosengeografi.com

Ada rakyat tentu harus pula ada wilayah. Jika tidak, dimana rakyat tinggal?

Wilayah yang dimaksud disini adalah lokasi fisik dengan batasan teritorial yang jelas.

Wilayah sebaiknya dipahami secara geografis, sehingga kita mengenal teritori fisik yang mencakup daratan, perairan dan udara. Batasan wilayah negara dibuat berdasarkan keputusan politik hasil negosiasi internasional.

Di batas negara selalu dipasang penanda agar orang-orang tahu. Penanda tersebut bisa berbagai macam, dari batok kayu, garis cat, kawat berduri, atau tembok raksasa.

Wilayah negara tak hanya darat, melainkan juga perairan dan udara. Semuanya ditentukan dengan kesepakatan dalam perjanjian-perjanjian bilateral atau multirateral.

Wilayah laut ditentukan berdasarkan hukum laut internasional. Batas-batas wilayah perairan mencakup laut teritorial, zona tambahan, zona ekonomi eksklusif, landas benua, landas kontinen, dan laut pedalaman.

Wilayah udara berdasarkan kesepakatan internasional dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu: aliran udara bebas dan aliran kedaulatan udara di atas wilayah negara.

3. Pemerintah yang Berdaulat

√ Unsur-Unsur Negara ini Wajib Kamu Pelajari sebagai Rakyat yang Baik
islampos.com

Pemerintah dapat dipahami baik dalam arti sempit ataupun luas. Dalam arti sempit, pemerintah merupakan lembaga legislatif atau pelaksana undang-undang beserta seluruh jajarannya.

Sedangkan dalam arti luas, pemerintah mencakup keseluruhan lembaga negara.

Dalam sistem demokrasi yang berasas trias politika seperti Indonesia, pemerintah dalam arti luas mencakup lembaga eksekutif, legislatif dan yudikatif.

Pemerintah merupakan kelengkapan negara yang bertugas menyelenggarakan negara sebagai sebuah organisasi besar.

Pemerintah menetapkan aturan dan menegakkan hukum serta membawa negara yang dikelolanya untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

Penekanan disini tampak pada kata ”berdaulat”. Artinya, pemerintah suatu negara bukanlah boneka negara lain yang didikte dan dikendalikan oleh asing.

4. Pengakuan dari Negara Lain

√ Unsur-Unsur Negara ini Wajib Kamu Pelajari sebagai Rakyat yang Baik
negarahukum.com

Unsur keempat ini tak kalah penting. Eksistensi suatu negara perlu dikukuhkan oleh pengakuan dari negara lain.

Unsur ini bersifat deklaratif, artinya negara yang baru berdiri mendeklarasikan dirinya atau memproklamirkan dirinya dan suatu negara yang sudah eksis sebelumnya mendeklarasikan pengakuannya.

Eksistensi negara Israel sulit dibayangkan tanpa adanya unsur ini. Sebelas menit setelah negara Israel berdiri, Amerika Serikat mendeklarasikan pengakuannya sekaligus menjadi negara pertama yang mengakui keberadaannya.

Saya menyarankan siswa dan mahasiswa untuk bertanya pada guru atau ahlinya soal eksistensi negara Israel ini ketika membahas tentang syarat berdirinya negara.

Keyword: unsur-unsur negara

Originally posted 2021-01-17 03:40:15.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.