4 Ruang Lingkup Sejarah Sebagai Peristiwa, Kisah, Ilmu, dan Seni

Jika ingin mengenal sejarah sebagai salah satu iIlmu pengetahuan dan juga pendidikan terpenting hingga sekarang, maka diperlukan pemahaman yang lebih konkret terhadap ruang lingkup sejarah.

Terdapat hal-hal yang sangat dimengerti kembali di dalam memahami ruang lingkup sejarah, yakni:

Berbagai macam dari konsep atau sumber sejarah, berbagai jenis dari unsur atau ciri Sejarah, bahkan sampai dengan hubungan sejarah dengan kajian ilmu lainnya. Seperti ilmu bahasa, ilmu ekonomi, ilmu kewarganegaraan, ilmu biologi, dan ilmu lainnya.

Ada keterkaitan hubungan Sejarah yang sangat erat dengan ilmu pengetahuan lainnya. Hal ini disebabkan karena ruang lingkup sejarah amat terkait dengan masa atau waktu.

√ 4 Ruang Lingkup Sejarah Sebagai Peristiwa, Kisah, Ilmu, dan Seni
besthistorysites.net

Lingkup Sejarah mengambil masa atau waktu untuk dijadikan faktor pendorong. Sebab masa atau pun waktu memanglah harus ada di dalam seluruh yang ada kaitannya dengan sejarah. Sedangkan ilmu pengetahuan lainnya tidak terlalu mementingkannya.

Kemudian, lingkup sejarah amat terkait dengan suatu tempat. Sebab setiap sejarah pasti selalu mempunyai keunikan atau sifat unik (terjadi hanya satu kali). Sifat unik inilah yang terkait langsung dengan sebuah tempat tersebut.

Selanjutnya, lingkup sejarah lebih menekankan kekhususan. Maksudnya adalah karena sejarah sangat terkait dengan masa atau waktu dan juga suatu tempat.

Kedua hal inilah yang membuat sejarah mempunyai kajian yang sangat unik serta khusus dibandingkan dengan kajian ilmu lainnya.


Beberapa Contoh Ruang Lingkup Sejarah


Berikut merupakan beberapa ruang lingkup sejarah berserta dengan contohnya, diantaranya:

1. Sejarah sebagai Peristiwa

√ 4 Ruang Lingkup Sejarah Sebagai Peristiwa, Kisah, Ilmu, dan Seni
theatlantic.com

Seluruh hal yang terjadi dan juga terbentuk pada masa lampau merupakan kejadian (peristiwa), terutama yang terkait dengan setiap kehidupan manusia.

Peristiwa yang penting itulah yang dianggap sebagai pokok pembicaraan di dalam lingkup sejarah. Sebuah kejadian atau peristiwa menjadi penting jika kemudian peristiwa itu akan sangat berpengaruh untuk masa selanjutnya.

Mungkin saja, peristiwa yang penting tersebut di waktu kejadiannya tidak penting.

Namun setelah peristiwa itu lama berlalu, barulah peristiwa lama itu muncul kembali dan terjadi pengaruhnya mulai dirasakan oleh kehidupan di masa yang akan datang (masa depan).

Peristiwa dapat dikatakan juga sebagai sebuah gerak yang pernah terjadi di suatu masa dan juga mengakibatkan atas terjadinya peristiwa yang lainnya.

2. Sejarah sebagai Kisah

√ 4 Ruang Lingkup Sejarah Sebagai Peristiwa, Kisah, Ilmu, dan Seni
ipsmudah.com

Membicarakan mengenai ruang lingkup sejarah sebagai kisah sama juga dengan berbicara sejarah sebagai sebuah cerita di dalam berbagai jenis dan bentuk.

Baik yang berupa: narasi atau pun tafsiran dari satu peristiwa sejarah. Kisah ini dapat juga berupa tulis atau lisan.

Jika secara tulisan, kisah sejarah dapat dilihat di dalam bentuk yang tertulis seperti halnya pada buku, majalah, atau pun surat kabar. Jika secara lisan, kisah dapat pula diambil dari percakapan, ceramah, atau pelajaran yang terdapat di sekolah.

3. Sejarah sebagai Ilmu

√ 4 Ruang Lingkup Sejarah Sebagai Peristiwa, Kisah, Ilmu, dan Seni
stephenhicks.org

Merupakan satu susunan dari ilmu pengetahuan (A Body of Knowledge), mengungkap mengenai sebuah peristiwa selaras dengan cerita yang pernah terjadi di dalam masyarakat.

Sama seperti halnya kebutuhan manusia di masa lampau, lingkup sejarah sebagai ilmu pun disusun secara begitu sistematis serta metodis.

Berdasarkan atas asas-asas, prosedur dan juga metode, serta teknik ilmiah diakui oleh seluruh para pakar sejarah seiring dengan perkembangan dunia yang pesat.

4. Sejarah sebagai Seni

√ 4 Ruang Lingkup Sejarah Sebagai Peristiwa, Kisah, Ilmu, dan Seni
wikuwik.com

Ruang lingkup sejarah kini berperan sebagai sebuah seni yang selalu menjunjung tinggi nilai estetika.

Sehingga sejarah tidak lagi dipandang dari segi etika atau logika saja, tetapi juga dilihat lewat pendekatan seni. Maka sejumlah fakta dari sejarah itu akan menjadi lebih hidup serta bernyawa. Setiap individu pun akan lebih menjiwai atau menghayati sebuah kejadian sejarah tertentu. Keyword: Ruang Lingkup Sejarah

Originally posted 2021-01-15 08:15:08.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.