Pengertian Uang Menurut Para Ahli, Ensiklopedi Indonesia, dan KBBI

Pengertian uang dalam ilmu ekonomi tradisional didefinisikan sebagai setiap alat tukar yang dapat diterima secara umum.

Alat tukar itu dapat berupa benda apapun yang dapat diterima oleh setiap orang di masyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa.

Uang didefinisikan sebagai sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk pembayaran hutang.

Secara umum uang merupakan suatu benda yang diterima secara umum oleh masyarakat untuk mengukur nilai, menukar, dan melakukan pembayaran atas pembelian barang dan jasa, dan pada waktu yang bersamaan uang juga bisa bertindak sebagai alat penimbun kekayaan.

Uang yang beredar di masyarakat Indonesia dapat dibedakan dalam dua jenis, yaitu uang kartal (sering pula disebut sebagai common money) dan uang giral.

√ Pengertian Uang Menurut Para Ahli, Ensiklopedi Indonesia, dan KBBI
apaperbedaan.com

Uang kartal adalah alat bayar yang sah dan wajib digunakan oleh masyarakat dalam melakukan transaksi jual-beli sehari-hari.

Sedangkan yang dimaksud dengan uang giral adalah uang yang dimiliki masyarakat dalam bentuk simpanan (deposito) yang dapat ditarik sesuai kebutuhan.

Uang ini hanya beredar di kalangan tertentu saja, sehingga masyarakat mempunyai hak untuk menolak jika ia tidak mau barang atau jasa yang diberikannya dibayar dengan uang ini. Untuk menarik uang giral, orang menggunakan cek.


Pengertian Uang


√ Pengertian Uang Menurut Para Ahli, Ensiklopedi Indonesia, dan KBBI
jurnal.id

Pengertian Uang Menurut KBBI

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) uang adalah alat tukar atau standar pengukur nilai (kesatuan hitungan) yang sah, dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara berupa kertas, emas, perak atau logam lain yang dicetak dengan bentuk dan gambar tertentu.

Pengertian Uang Menurut Para Ahli

Pengertian uang menurut para ahli adalah sebagai berikut :

1. Albert Gailort Hart

Pengertian uang menurut Albert Gailort Hart adalah suatu kekayaan yang dimiliki untuk dapat melunasi hutang dalam jumlah tertentu dan pada waktu yang tertentu pula.

2. Walker

Pengertian uang adalah semua hal yang dapat dilakukan oleh uang itu. Dengan kata lain, uang adalah uang karena fungsinya sebagai uang dan bukan karena fungsi-fungsi yang lain.

3. A. C. Pigou

Pengertian uang adalah sebagai segala sesuatu yang umum dipergunakan sebagai alat tukar.

4. Rolling G. Thomas

Pengertian uang adalah segala sesuatu yang tersedia dan umumnya diterima umum sebagai alat pembayaran untuk pembelian barang dan jasa, serta untuk pelunasan hutang.

5. R. S. Sayers

kodzan.blogspot.com

Pengertian uang menurut R. S. Sayers dalam bukunya berjudul “Modern Banking” adalah segala sesuatu yang umum diterima bagi pembayaran utang.

6. Tri Kunawangsih & Anto Pracoyo

Pengertian uang merupakan alat tukar yang diterima oleh masyarakat sebagai alat pembayaran yang sah atas kesatuan hitungnya. Uang dapat dipergunakan oleh para pelaku ekonomi global pada umumnya.

7. Irma Rahmawati

Pengertian uang merupakan suatu benda yang mampu untuk disetujui oleh seluruh lapisan masyarakat sebagai alat untuk penukaran dalam perdagangan.

8. H. Robertson

Pengertian uang merupakan segala sesuatu yang umum diterima dalam pembayaran barang dan jasa dalam masyarakat.

9. Rimsky K. Judisseno

Pengertian uang merupakan satu media yang mampu untuk diterima yang digunakan oleh setiap pelaku ekonomi atau pun pelaku pasar uang guna mempermudah pada saat bertransaksi.

10. Mankiw

Pengertian uang adalah persediaan aset yang bisa dengan segara digunakan untuk melakukan transaksi, selain itu uang merupakan segala sesuatu yang dapat dipakai atau diterima untuk melakukan pembayaran baik barang, jasa maupun hutang.

Uang memiliki satu tujuan fundamental dalam sistem ekonomi, memudahkan pertukaran barang dan jasa, mempersingkat waktu dan usaha yang diperlukan untuk melakukan perdagangan.

11. Kasmir

Pengertian uang merupakan alat tukar menukar, dalam hal ini uang digunakan sebagai alat untuk membeli atau menjual suatu barang maupun jasa.

Dengan kata lain uang dapat dilakukan untuk membayar terhadap barang yang akan dibeli atau diterima sebagai akibat dari penjualan barang dan jasa.

12. George N. Halm

Menurut George, uang adalah hal untuk mempermudah perantara tukar-menukar dalam mengatasi masalah sistem barter atau kesulitan-kesulitan dalam transaksi kredit.

Uang Menurut Ensiklopedi Indonesia

√ Pengertian Uang Menurut Para Ahli, Ensiklopedi Indonesia, dan KBBI
solusipendidikan.com

Pengertian uang menurut Ensiklopedi Indonesia adalah segala sesuatu yang biasanya digunakan dan diterima secara umum sebagai alat penukar atau standar pengukur nilai, yaitu standar daya beli, standar uang dan garansi menanggung hutang.

Demikian artikel mengenai pengertian uang yang telah kami rangkum. Semoga bermanfaat. Salam!

Keyword: Pengertian Uang

Originally posted 2021-01-14 06:26:41.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.