Pengertian Letak Geografis dan Pengaruhnya terhadap Keaadaan Alam

Pengertian letak geografis dapat diilustrasikan dari lokasi Indonesia yang sangat strategis.

Letaknya yang berada di tengah khatulistiwa dan diapit oleh benua dan samudera banyak berpengaruh bagi Indonesia, terutama berpengaruh pada kondisi alam dan populasinya sangat besar.

Hal ini dikarenakan letak geografis Indonesia sangat strategis untuk membuat banyak pengaruh dari luar dan pengaruh alam yang tidak dapat dihindari oleh Indonesia.

Kali ini akan dibahas mengenai pengertian dan pengaruh letak geografis terhadap keadaan alam dan kependudukan.


Pengertian Letak Geografis


√ Pengertian Letak Geografis dan Pengaruhnya terhadap Keaadaan Alam
unsplash.com

Pengertian letak geografis adalah lokasi suatu negara yang dilihat dari kenyataan di permukaan bumi.

Menurut lokasi geografisnya Indonesia terletak di antara dua benua, yaitu Asia dan Australia, dan antara dua Samudera, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Lokasi Indonesia diapit oleh dua benua dan berada di antara dua samudra yang sangat mempengaruhi alam dan kehidupan penduduk. Pasalnya kondisi geografis ini memberikan berbagai pengaruh terdalat negara Indonesia.


Pengaruh Letak Geografis di Indonesia


Beberapa pengaruh akibat letak geografis terhadap kondisi alam dan kependudukan di Indonesia diantaranya adalah sebagai beikut:

1. Pembagian Musim di Wilayah Indonesia

Letak geografis Indonesia sangat mempengaruhi dalam hal pembagian musim sepanjang tahun di Indonesia. Hal tersebut membuat Indonesia memiliki dua musim yaitu hujan dan kemarau.

Penyebab utama terjadinya pergantian iklim di wilayah Indonesia yaitu disebabkan oleh angin muson yang bertiup sepanjang tahun.

Karena Indonesia memang diapit dua samudra yang mempengaruhi tingkat intensitas udara di wilayah perairan.

2. Sektor Pada Hubungan Politik

√ Pengertian Letak Geografis dan Pengaruhnya terhadap Keaadaan Alam
inikerja.com

Keadaan geografis Indonesia juga akan sangat membawa pengaruh besar terhadap hubungan politik dengan para negara tetangga.

Apalagi di wilayah Asia memang merupakan jalur perdagangan yang baik dan memiliki potensi menghasilkan banyak peluang untuk meningkatkan devisa negara.

Sejak bergabungnya Indonesia di dalam organisasi ASEAN, hubungan politik bersama negara lain menjadi lebih mudah. Sehingga beberapa hasil bumi bisa dijual untuk memenuhi kebutuhan rakyat.

3. Aspek Sosial Budaya di Indonesia

Karena terletak diantara dua benua maka letak geografis juga sangat mempengaruhi sekotr sosial budaya yang ada di Indonesia.

Kemudahan jalur transportasi dan juga hubungan baik dengan negara yang ada di wilayah terdekat, membuat banyak sekali kebudayaan asing yang masuk.

Sehingga terjadi percampuran dan peleburan budaya asing yang kini diterima dengan baik oleh sebagian besar penduduk di Indonesia.

Hal ini memberikan dampak baik karena adanya perpaduan kebudayaan yang sama serta diterimanya kebudayaan lain yang dapat membuat keanekaragaman budaya menjadi lebih bervariasi. Sektor musik, film, dan pakaian juga terdampak dengan adanya hal tersebut.

4. Kondisi Perekonomian Indonesia

√ Pengertian Letak Geografis dan Pengaruhnya terhadap Keaadaan Alam
dictio.id

Pasalnya letak geografis juga bisa mempangaruhi kondisi ekonomi sebuah negara.

Semakin mudahnya jalur perdagangan antar negara dan sekaligus Indonesia menjadi salah satu jalur paling ramai, membuat tingkat perdagangan mendapatkan respon positif.

Dengan hal tersebut tentu saja pada sektor perekonomian Indonesia semakin meningkat dan bahkan bisa membuat beberapa wilayah menjadi lebih berkembang secara pesat.

5. Pariwisata di Indonesia

Karena iklim tropis serta cuaca yang sangat cerah membuat Indonesia banyak dikunjungi wisatawan asing. Berbagai bagian wilayah Indonesia banyak menghadirkan tempat wisata yang unik.

Hal tersebut membuat Indonesia ramai dikunjungi oleh para turis dari berbagai manca negara yang ingin menikmati pemandangan alam nan eksotis.

6. Hasil Kekayaan Alam

Letak geografis Indonesia juga sangat mempengaruhi keanekaragaman kekayaan alam pada wilayah Indonesia.

Apalagi flora dan fauna mengalami persebaran yang merata sehingga membuatnya semakin beraneka ragam.

Variasi flora dan fauna juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang ingin menikmatinya.

Keyword: Pengertian Letak Geografis

Originally posted 2021-01-15 16:46:48.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.