Pengertian Asimilasi Menurut Para Ahli dan Syarat Terbentuknya

Pengertian asimilasi secara umum adalah pembauran dua kebudayaan yang disertai dengan hilangnya ciri khas kebudayaan asli sehingga membentuk kebudayaan baru.

Secara etimologi pengertian asimilasi merupakan sebuah kata asimilasi, nama ini berasal dari bahasa Inggris yaitu “assimilation”.

Pengertian asimilasi secara sederhana merupakan proses penyesuaian sifat-sifat asli yang dimiliki dengan sifat-sifat lingkungan sekitar.

Sifat-sifat tersebut pada akhirnya akan membentuk keteraturan sosial, termasuk budaya dan kebiasaan dikarenakan ada pembaharuan yang dianggap sesuai.

Asimilasi ditandai oleh usaha untuk mengurangi perbedaan antara orang atau kelompok berupa upaya untuk mempererat kesatuan tindakan, sikap, dan perasaan dengan memperhatikan kepentingan serta tujuan bersama.

Hasil dari proses asimilasi yaitu semakin tipisnya batas perbedaan antar individu dalam suatu kelompok, atau bisa juga batas-batas antar kelompok.

Selanjutnya, individu melakukan identifikasi diri dengan kepentingan bersama. Artinya, menyesuaikan kemauannya dengan kemauan kelompok. Demikian pula antara kelompok yang satu dengan kelompok yang lain.


Syarat terbentuknya Asimilasi


√ Pengertian Asimilasi Menurut Para Ahli dan Syarat Terbentuknya
majalahpendidikan.com

Asimilasi dapat terbentuk atau terjadi dengan adanya 3 syarat yaitu :

  • Terdapat sejumlah kelompok yang memiliki kebudayaan berbeda
  • Terjadinya interaksi sosial dan pergaulan antara individu dan kelompok secara intensif dan dalam waktu yang relatif lama
  • Kebudayaan masing-masing kelompok tersebut saling berubah dan menyesuaikan diri, juga penyesuaian dengan kondisi global yang terjadi.

Faktor-faktor Pendukung Terjadinya Asimilasi


Biasanya asimilasi terjadi karena beberapa faktor, yaitu :

1. Adanya toleransi di antara sesama kelompok yang berbeda kebudayaan

2. Kesempatan yang sama dalam bidang ekonomi

3. Kesediaan menghormati dan menghargai orang asing dan kebudayaan yang dibawanya.

4. Sikap terbuka dari golongan yang berkuasa dalam masyarakat

5. Persamaan dalam unsur-unsur kebudayaan universal

6. Perkawinan antara kelompok yang berbeda budaya

7. Mempunyai musuh yang sama dan meyakini kekuatan masing-masing untuk menghadapi musuh tersebut.


Faktor-faktor Penghalang Terjadinya Asimilasi


  • Terdapat kelompok yang terisolasi atau terasing (biasanya kelompok minoritas)
  • Kurangnya pengetahuan mengenai kebudayaan baru yang dihadapi
  • Prasangka negatif terhadap pengaruh kebudayaan baru. Kekhawatiran ini dapat diatasi dengan meningkatkan fungsi lembaga-lembaga kemasyarakatan
  • Perasaan bahwa kebudayaan kelompok tertentu lebih tinggi daripada kebudayaan kelompok lain. Kebanggaan berlebihan ini mengakibatkan kelompok yang satu tidak mau mengakui keberadaan kebudayaan kelompok lainnya
  • Perbedaan ciri-ciri fisik, seperti tinggi badan, warna kulit atau rambut
  • Perasaan yang kuat bahwa individu terikat pada kebudayaan kelompok yang bersangkutan
  • Golongan minoritas mengalami gangguan dari kelompok penguasa

Pengertian Asimilasi Menurut Para Ahli


√ Pengertian Asimilasi Menurut Para Ahli dan Syarat Terbentuknya
presidenri.go.id

1. Koentjaraningrat (1996)

Pengertian asimilasi adalah proses perubahan sosial dalam masyarakat yang terjadi karena adanya perkembang dan hubungan interaksi sosial yang terus menerus dan serius.

Kondisi tersebut pada akhirnya mendorong masyarakat untuk membaurkan kebudayaan yang ada dalam upaya mengakomodir semua pihak dalam menata bentuk keteratauran sosial yang sudah ada.

2. Seymour Smith

Pengertian asimilasi adalah tahap kedua dari proses perubahan sosial budaya dalam masyarakat. Adapun dalam pandanganya, terbentuk asimilasi di latar belakangi dengan akulturasi terlebih dahulu.

Hal ini sebagai syarat mutlak menciptkan kebudayaan baru dan diterima masyarakat, tanpa adanya konflik sosial.

3. Vander Zahde

Pengertian asimilasi adalah bagian dari sebuah proses antar kelompok dalam melakukan interaksi sosial dari mulai berfikir, saling menghargai, bertindak yang memungkinkan mereka untuk berbaur dengan memiliki satu identitas baru sebagai kesatuan sosial.

4. Garbarino

Pengertian asimilasi adalah istilah yang dipergunakan untuk memberikan penjelasan mengenai penggabungan dua unsur kebudayaan dalam masyarakat.

Asimilasi dalam arti ini, lebih sederhana dan singkat. Lantaran dalam pandangan garbarino, pengertian asimilasi adalah kata serapan atau campuran keinginanan-keinginan masyarakat.

5. Alvin L Bertrand

√ Pengertian Asimilasi Menurut Para Ahli dan Syarat Terbentuknya
abimuda.com

Pengertian asimilasi adalah proses tingkatan sosial lanjut yang muncul dikarenakan adanya kelompok ataupun golongan masyarakat yang memiliki perbedaan antar budaya saling berinteraksi secara langsung dalam jangka waktu yang cukup lama.

Yang kemudian menghasilkan perubahan kebudayaan baik dari unsur maupun secara keseluruhannya dan menjadi sebuah budaya yang baru.

6. Ogburn dan Nimkoff

Pengertian asimilasi merupakan proses masuknya pengaruh budaya ke budaya lain serta hasil dari peleburan maupun interaksi antar individu maupun kelompok yang memiliki sejarah.

Baik dari memorial, maupun sikap yang kemudian dipersatukan dalam interaksi bertahap membentuk budaya baru.

7. James Danandjaja

Pengertian asimilasi adalah sebuah proses penyesuaian antar kelompok masyarakat yang memiliki kebudayaan berbeda dengan identitas dan ciri khas tersendiri yang lambat laun mengalami kemunduran budaya dari salah satu golongan dang menghadirkan budaya baru.

8. Dejun Su, Chad Ricahrdson dan Guang Zen Wang

Pengertian asimilasi budaya adalah salah satu proses terjadinya perubahan budaya secara kompleks dan waktu yang cukup lama serta bersifat keanekaragaman dengan melibatkan kelompok masyarakat seperti imigran ataupun pendatang.

Yang kemudian terjadi interaksi sosial dengan masyarakat asli dan mempelajari budaya dan kemudian menghasilkan budaya baru.

9. Milton M. Gordon

Pengertian asimilasi dalam sebuah buku karangan Human Nature, Class, and Ethnicity (1978), didalamnya dikatakan bahwa asimilasi dapat menjadi bagian dari akulturasi budaya.

Ia menambahkan jika tak akan ada asimilasi tanpa ada akulturasi terlebih dahulu yang merupakan sebuah tahapan dari perubahan pola budaya dari kelompok tertentu.

Demikian pengertian asimilasi secara sederhana, etimologi, dan umum, juga menurut para ahli beserta syarat dan faktor yang mempengaruhi asimilasi. Semoga bermanfaat. Salam.

Keyword: Pengertian Asimilasi

Originally posted 2021-01-12 13:28:17.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.