5 Tokoh Penting Pendiri ASEAN dan Profil Negaranya

Tulisan yang satu ini akan mengulas mengenai tokoh dan negara pendiri ASEAN, mungkin sebagian dari Anda sudah ada yang mengetahui sekilas mengenai hal tersebut.

Namun, kali ini akan mengulas secara lebih dalam lagi seputar profil tokoh dan negara pendiri ASEAN, silahkan disimak infonya baik-baik.


Tokoh Pendiri ASEAN


√ 5 Tokoh Penting Pendiri ASEAN dan Profil Negaranya
shutterstock.com

1. Adam Malik

Adam Malik ialah salah satu tokoh pendiri ASEAN yang dikala itu menjabat sebagai menteri luar negeri Republik Indonesia. Beliau lahir pada 22 Juli 1917.

Beliau pernah menjabat sebagai salah satu wakil presiden republik Indonesia pada masa orde baru yang dipimpin oleh Soeharto. Beliau dikenal sebagai orang yang cerdas dan mempunyai hobi baca buku.

2. Tun Abdul Razak

Tun Abdul Razak ialah menteri luar negeri Malaysia (saat itu) yang menjadi salah satu tokoh pendiri organisasi internasional ASEAN. Beliau lahir pada 11 Maret 1922.

Beliau dikenal sebagai pribadi yang sangat cerdas. Pasalnya beliau pernah mencatat sejarah tentang orang pertama asal Malaysia yang bersekolah di luar negeri.

Karena jasanya kepada negara Malaysia, dia diberi gelar Bapak Pembangunan Malaysia.

3. Thanat Khoman

Tokon pendiri ASEAN yang tidak kalah peranannya yaitu Thanat Khoman yang dikala itu ialah menteri luar negeri negara Thailand.

Negarawan yang dikenal cerdas ini ialah sedikit dari orang Thailand yang bergelar doktor dari universitas ternama di Prancis.

Nama dia sangat harus dimata masyarakat Thailand, dan puncak karir politiknya yaitu Wakil Perdana Menteri Thailand.

4. Narciso Ramos

Narciso Ramos ialah salah satu pendiri ASEAN yang dikala itu ialah menteri luar negeri negara Filipina.

Beliau dikenal sebagai salah satu tokoh yang karismatik. Bahkan beliau pernah menjabat sebagai politikus, diploma dan juga wartawan.

5. Rajaratnam

Tokoh pendiri ASEAN lainnya yang peranannya begitu besar yaitu S. Rajaratnam yang ialah perwakilan Singapura yang dikala itu yaitu menteri luar negeri negara Singapura.

Beliau dikenal sebagai ahli politikus Singapura dimana puncak karirnya adalah sebagai perdana mentri Singapura.


Profil 5 Negara Pendiri ASEAN


√ 5 Tokoh Penting Pendiri ASEAN dan Profil Negaranya
asean-competition.org

1. Indonesia

Indonesia ialah salah satu dari lima negara pendiri ASEAN yang dikala itu diwakili oleh menteri luar negerinya yaitu Adam Malik.

Negara dengan bentuk republik ini mempunyai jumpah penduduk lebih dari 1/4 milyar jiwa denga luas wilayah (daratan) sekitar 2 juta kilometer persegi.

Negara yang beribukota di Kota Jakarta mendapat kemerdekaannya dari bangsa Belanda pada 17 Agustus 1945 dan lagu kebangsaannya yaitu lagu Indonesia Raya.

2. Malaysia

Malaysia juga ialah negara penting bagi berdirinya organisasi ASEAN, dikala ini Malaysia diwakilkan oleh menteri luar negerinya yaitu Tun Abdul Razak.

Negara yang beribukota di Kuala Lumpur ini mempunyai luas wilayah hampir 1/3 juta kilometer dengan jumlah penduduk lebih dari 30 juta jiwa.

Negara yang merdeka pada 31 Agustus 1957 secara umum dikuasai berbahasa Melayu dengan mata uangnya Ringgit.

3. Thailand

Thailand, Satu-satunya negara ASEAN yang belum pernah dijajah ini mempunyai luar negara lebih dari 500 ribu kilometer persegi dengan total penduduk lebih dari 67 juta jiwa.

Negara yang beribukota di Kota Bangkok ini mempunyai bahasa resmi Thai, mata uang resmi negara Bath dan lagu kebangsaannya Phleng Chat Thai.

4. Filipina

Filipina ialah negara yang juga memprakarsai lahirnya organisasi ASEAN, yang dikala itu diwakilkan oleh Narciso Ramos selaku menteri luar negerinya.

Negara yang beribukota di Kota Manila ini mempunyai luas negera mencapai 300 ribu kilometer persegi dengan jumlah penduduknya sekitar 107 juta jiwa.

Negara yang merdeka pada 12 Juni 1898 ini mempunyai bahasa resmi Tagalog dan Inggris.

5. Singapura

Negara terkecil di Asia Tenggara ini ialah juga salah satu pendiri ASEAN, dimana dikala ini S. Rajaratnam selaku menteri luar negeri yang mewakilinya.

Negara yang juga beribukota di Kota Singapura ini mempunyai luas wilayah khusus sekitar 700 kilometer persegi saja dengan jumlah penduduk lebih dari 5,5 juta jiwa.

Negara ini mempunyai bahasa yang banyak ibarat Inggris, Melayu, Tamil, Mandari, untuk mata uang resmi negera tersebut yaitu Dollar Singapura.

Nah itulah pembahasan mengenai tokoh-tokoh dan negara-negara pendiri ASEAN, agar goresan pena yang satu ini dapat mempersembahkan khasanan wawasan dan pengetahuan kepada Anda semua mengenai organisasi antara negara-negara yang berada dikasawasan Asia Tenggara tersebut.

Jika Anda punya saran, masukan, komentar ataupun lainnya silahkan Anda dapat berkomentar dibawah goresan pena ini.

Keyword: Pendiri Asean

Originally posted 2021-01-11 15:40:24.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.