Pakaian Adat Yogyakarta beserta Gambar dan Penjelasannya

Pakaian Adat Yogyakarta – Pakaian adat yogyakarta lengkap beserta gambar dan penjelasannya filosofinya – Hallo gaes untuk kamu yang sudah pernah tinggal di jogja. tentu sudah mengetahui bahwa jogja adalah kota yang kental dengan budaya nya.

Selain terkenal sebagai kota pelajar dan juga kota dengan sejuta tempat wisata yang bisa di kunjungi. Jogja juga sangat terkenal dengan wisata budaya dan kebudayaan yang tidak pernah lewat oleh jaman.

Jogja sendiri adalah sebuah daerah istimewa yang memiliki sistem pemerintahan istimewa. Pemerintahan di Yogya masih menggunakan kesultanan dan masih bertahan hingga sekarang.


Pakaian Adat Yogyakarta


Kebudayaan yang kental di jogja bisa berupa tatakrama, keramahan, musik, pawai, dan juga baju selalu kental dengan nuansa jawa Yogyakarta yang sangat khas.

Nah yang menrik adalah tentang pakaian adat yogyakarta yang bisa kita pelajari dan kita ketahui tanpa harus berkunjung ke sana.

Karena pada artikel kali ini kami akan membahas tentang pakaian adat dari jogja yang bisa kamu ketahui sebagai bahan pembelajaran dan memperluas wawasan kamu tentang kebudayaan dari jogja. Minimal dari baju nya saja terlebih dahulu.

Berikut adalah baju adat dari jogja yang wajib banget untuk kamu ketahui

#1 Pakaian adat yogyakarta Busana Surjan

√ Pakaian Adat Yogyakarta beserta Gambar dan Penjelasannya
shopee.co.id

Pakaian adat ini merupakan busana yang biasa di gunakan sebagai baju. Biasa di pakai oleh pria yogyakarta dan bagian bawahnya bisa menggunakan kain atau baisa di sebut dengan jari.

Ketika menggunakan pakaian adat jogja ini, kita bisa menggunakan blankon sebagai bagian penutup kepala. Nama lain dari pakaian adat busana surjan ini adalah pakaian takwa

Filosofi dari pakaian ini bisa di artikaln dari setiap bagian, seperti pada bagian kancing terdapat 6 yang melambangkan rukun iman. Dan 2 buah kancing yang ada di dada kiri itu menyimbolkan kalimat syahadat.

Sehingga makna filosofi utama dari pakaian adat ini adalah mitos bornean yang dimana siapapun yang menggunakan pakaian adat ini secara lengkap maka akan mendapatkan ke stabilan perasaan dalam kehidupannya

#2 Kebaya Yogyakarta

√ Pakaian Adat Yogyakarta beserta Gambar dan Penjelasannya
borneochannel.com

Untuk pakaian adat kebaya yogyakarta adalah pakaian adat yang khusus di gunakan untuk wanita. Kebaya asal yogyakarta sangat memiliki ciri khas yang berbeda.

Mulai dari corak, dan juga bahan yang berbeda dengan kebaya asal daerah lainnya. Karena bahan yang digunakan untuk mermbuahkebaya ini tidak di buat dari kain yang asal – asalan.

Selain itu wanita juga harus menggunakan tatanan rambut yang khas dengan konde nya. Busana kebaya Jogja ini juga bisa menggambarkan tentang kehalusan dan kelemah lembutan yang harus di miliki oleh wanita yogyakarta.

#3 Busana Kencongan

√ Pakaian Adat Yogyakarta beserta Gambar dan Penjelasannya
borneochannel.com

Pakaian adat yang ke tiga adalah kencongan yang biasa digunakan ketika acara atau festival di yogyakarta. Busana ini memang di buat untuk anak laki – laki yang memang di sesuaikan dengan busana surjan yang biasa digunakan oleh orang dewasa.

Model busana kencongan ini juga di lengkapi dengan beberapa aksesoris tambahan seperti ikat pinggang, blankong, dan juga selendang.

#4 Sabukwala padintenan

√ Pakaian Adat Yogyakarta beserta Gambar dan Penjelasannya
bakpiakukustugu.co.id

Busana adat yogyakarta yang ke empat adalah sabukwala padintenan yang bisa digunakan oleh anak – anak perempuan. Ini merupakan sebuah busana kebaya yang menggunakan kain batik di bagian bawahnya.

Busana ini juga memiliki tambahan aksesosris seperti selendang, sabuk, dan juga menggunakan tusuk konde di bagian kepala.

Biasanya pakaian adat ini di gunakan dalam acara – acara seperti festival, kelulusan, dan juga beberapa acara daerah lainnya

#5 Busana Ageng

√ Pakaian Adat Yogyakarta beserta Gambar dan Penjelasannya
keepo.me

Busana ageng merupakan pakaian adat yang hanya bisa digunakan secara resmi oleh para pejabat keraton. Busana ageng ini berbentuk sebuah perangkat adat yang berupa jas laken, dengan kerah baju berdiri.

Sebagai tambahan untuk busana agung ini adalah sutera yang berwarna biru tua dengan panjang hingga mencapai bagian paha.

Pada bagian bawah bisa menggunakan celana kain berwarna hitam. Dan juga topi dengan warna biru tua sepanjang 8 cm.

Baca juga : pakaian adat banten

Itu dia pakaian adat khas yogyakarta yang bisa membuat kamu menjadi lebih paham tentang budaya yang ada di yogyakarta.

Untuk mengetahui pakaian adat lainnya kamu bisa melihat di berandan tentang pakaian adat indonesia lengkap dengan penjelasan dan gambarnya

Keyword: Pakaian Adat Yogyakarta

Originally posted 2021-01-10 21:43:18.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.