Pakaian Adat Jawa Tengah Lengkap Gambar dan Penjelasannya

Pakaian Adat Jawa Tengah – Hallo gaes sobat pintar wajib belajar yang seneng banget mengetahui dan belajar tentang pakaian adat dari indoensia tercinta ini.

Kamu pasti sudah tahu bahwa indonesia kaya akan budaya dan juga kesenian yang tidak ternilai harganya kan.

Budaya di indonesia yang sering banget go internasional adalah lagi, tarian, dan juga pakaian loh. Nah tentu kamu bangga dong dengan kebudayaan negara sendiri.

Pakaian adat memang menjadi salah satu ciri khas yang di miliki oleh setiap wilayah yang ada di indonesia. Pakaian adat tersebut bisa juga di gunakan pada saat acara tertentu atau memang bisa di gunakan setiap hari.


Pakaian Adat Jawa Tengah


Pada artikel kali ini kumpulan ilmu akan membagikan pengetahuan seputar pakaian adat jawa tengah yang kental dengan adat jawa nya loh.

Jawa tengah sendiri merupakan salah satu provinsi di pulau jawa. berikut baju adat jawa tengah yang wajib kamu ketahui.

#1 Jawi jangkep

√ Pakaian Adat Jawa Tengah Lengkap Gambar dan Penjelasannya
moondoggiesmusic.com

Pakaian adat Jawi Jangkep ini merupakan pakaian yang terdiri dari bagian atas yang berupa baju beskap yang pada umumnya memiliki motif bunga. Sedangkan untuk bagian bawah berupa kain panjang yang sering disebut jarik dililitkan pada pinggang.

Selain itu, untuk menambah pesona kedua belah mempelai perlu tambahan beberapa aksesoris pelengkap, untuk laki-laki diperlukan keris, alas kaki, blangkon untuk penutup kepala dan untuk perempuan perlu ditambahkan hiasan bunga melati yang dililitkan di bagian leher.

#2 Kebaya

√ Pakaian Adat Jawa Tengah Lengkap Gambar dan Penjelasannya
moondoggiesmusic.com

Berikut ini merupakan pakaian adat yang sering dikenakan oleh kaum wanita. Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan pakaian adat ini karena pakaian adat ini telah banyak dikenakan diseluruh daerah di Indonesia terutama Jawa.

Setiap daerah memang miliki motif masing-masing akan tetapi untu namanya tetap kebaya. Bahan yang digunakan untuk membuat kebaya umumnya dari kain sutera, brokat, beludru, kain katun, dan nilon untuk memberi warna cerah.

#3 Batik

√ Pakaian Adat Jawa Tengah Lengkap Gambar dan Penjelasannya
batiks128.com

Batik adalah busana yang menjadi lambang pakaian Indonesia. Sehingga tidak perlu diragukan lagi kepopuleran pakaian ini.

Untuk mencari pakaian ini sangat mudah karena seluruh penjuru Indonesia memproduksi pakaian adat ini, selain itu harganya yang sangat terjangkau.

#4 Kanigaraan

√ Pakaian Adat Jawa Tengah Lengkap Gambar dan Penjelasannya
karyapemuda.com

Pakain adat ini merupakan salah satu pakaian yang dahulunya dikenakan para bangsawan. Oleh karena itu, pakaian ini sering menjadi pilihan oleh para pasangan suami istri yang hendak menikah, karena pakaian ini memiliki makna yang tinggi dan kental.

Bahan yang sering digunakan untuk membuat pakaian adat ini adalah beludru berwana hitam yang dilengkapi dengan kain dodot atau kampuh sebagai bawahannya.

Sebagai aksesoris yang dikenakan memiliki aturan khusus sehingga hanya perias yang profesional yang mampu

#5 Surjan dan Beskap

√ Pakaian Adat Jawa Tengah Lengkap Gambar dan Penjelasannya
taldebrooklyn.com

Berikut ini pakaian adat yang diperuntukkan untuk kaum lelaki. Pakaian ini sering dikenakan untuk pegawai di perusahaan atau lembaga di daerah Yogyakarta atau sering disebut jogja.

Sehingga nuansa kejawennya menjadi lebih berasa ketika pakaian ini digunakan didaerah yang masih kental dengan adat jawanya salah satunya kota jogja ini.

Perbedaan Surjan dan Beskap

Surjan merupakan kemeja atasan yang memiliki lengan panjang dengan kerah tegak dan biasanya memiliki motif lurik atau bunga.

Sedangkan Beskap adalah salah satu pakaian bagian atas pada pakaian adat jawi jangkep. Tetapi seiring berkembangnya waktu, justru beskap sering digunakan terpisah dari pakaian jawi jangkep.

baca juga : pakaian adat bengkulu

#6 Basahan

√ Pakaian Adat Jawa Tengah Lengkap Gambar dan Penjelasannya
youtube.com

Sebagain dari anda pasti asing dengan pakaian adat ini, karena memang pakaian ini jarang digunakan ketika acara adat nusantara.

Pakaian ini sering dikenakan ketika acara pernikahan, itu pun juga hanya dikenakan ketika pelaksaan adat-adat kejawen pernikahan saja. Ketika acara selesai maka pengantin baisanya akan berganti pakaian untuk melanjutkan acara berikutnya.

Keyword: Pakaian Adat Jawa Tengah 

Originally posted 2021-01-08 15:48:49.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.