5 Nama dan Gambar Pakaian Adat Bali Lengkap

Pakaian Adat Bali – Hallo gaes untuk kamu yang sedang belajar – belajar atau mengenal tentang pakaian adat indonesia. Kamu pasti sudah tidak asing dengan yang namanya pakaian adat bali. Karena indonesia sendiri punya banyak banget wilayah dan budaya yang berbeda. Sehingga setiap tempat memiliki ciri khas dan pakaian adatnya masing – masing

Nah pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi seputar pakaian adat bali. Sebagai bahan pembelajaran dan pengetahuan yang bisa kamu ketahui. bali sendiri merupakan wilayan destinasi wisata terbaik di indonesia. Alam yang indah, dan budaya yang kental membuat bali selalu di minati oleh semua wisatawan baik dalam ataupun luar negri.

Bali dan budayanya merupakan salah satu identitas terbesar yang dimiliki oleh indonesia. Pakaian dan tarian yang berasal dari bali merupakan daya tarik terbaik yang bisa memikan banyak wisatawan. Pakaian khas bali juga memiliki banyak sekali nilai filosofi yang menunjukan makna dari pakaian tersebut. kebanyakan memiliki filosofi terkait kepercayaan yang bersumber pada ajaran sang hyang widhi.


Pakaian Adat Bali


Pakaian adat bali diceritakan memiliki makna seperti memberikan kegembiraan, kedamaian, keamanan, dan ketedehuan bagi umat hindu yang mempercayai hal tersebut.

Langsung saja. berikut adalah pakaian adat bali yang wajib banget untuk kamu ketahui sekarang juga.

#1 Baju Safari

√ 5 Nama dan Gambar Pakaian Adat Bali Lengkap
hidupsimpel.com

Baju adat dari bali yang pertama adalah Baju Safari yang merupakan sebuah baju adat yang baisa digunakan oleh kaum pria. Nah pakaian adati ini memiliki bentuk seperti kemeja yang lengkap dengan kancing dan saku. Warna dari kemeja ini adalah putih. Karena pakaian ini sendiri memiliki filosofi bersih

#2 Udeng

√ 5 Nama dan Gambar Pakaian Adat Bali Lengkap
pinterest.com

Udeh sendiri merupakan salah satu busana adat yang ada di bali. Udeg merupakan ikat penutup kepala yang sering digunakan dengan baju adat bali lainnya. Iket kepala ini menjadi ciri khas bagi masyarakat bali. Biasanya udeg digunakan untuk kegiatan ibadan di bali Baca Juga : pakaian adat aceh

#3 Kamen

√ 5 Nama dan Gambar Pakaian Adat Bali Lengkap
youtube.com

Kamen sendiri merupakan pakaian adat yang berbentuk kain bawah yang bisa disatukan dengan pakaian adat khas bali lainnya. Kamen sendiri memiliki persamaan dengan desain sarung. Hal yang menarik dari kamen adalah pria dan wanita memiliki aturan yang berbeda dalam menggunakan kain ini.

Untuk pria yang ingin menggunakan kamen bisa menggunakan 2 lembar kain yang digunakan untuk menutupi tubuh bagian bawah. Sedangkan untuk wanita cara penggunaannya sedikit berbeda. Karena kamen hanya digunakan dengan cara melingkar pada bagian pinggang saja dari sisi kiri ke sisi sebelah kanan. Kemudian kamen tersebut di ikatkan pada sebuah selendang yang ada di bawah kamen.

#4 Kebaya Bali

√ 5 Nama dan Gambar Pakaian Adat Bali Lengkap
idntimes.com

kebaya bali sering disamakan dengan kebaya jawa. Karena kebaya tersebut mirip dengan adat yang digunakan oleh orang jawa. Kebaya bali tentu memiliki ciri khas yang berbeda dengan kebaya lainnya. Kebaya tersebut memiliki lengan dan bahu dengan desain yang terbuka dan sering ditambahkan hiasan sabuk pada bagian tengah dada bagi yang menggunakanannya.

Pakaian adat kebaya bali ini sering digunakan pada acara – acara yang resmi seperti ahri raya, pernikahan, ritual keagamaan, serta kegiatan yang bersifat formal lainnya.

#5 Selendang

√ 5 Nama dan Gambar Pakaian Adat Bali Lengkap
kebayadiva.com

Nah ini adalah pakaian adat dari bali yang paling populer dan sering banget kita jumpai ketika kita berkunjung ke bali. Selendang merupakan pakaian adat yang biasa digunakan untuk ritual adat keagamaan. nah selendang ini sendiri sering digunakan setiap hari. Karena memang ritual keagamaan hampir berjalan setiap hari di bali ini.

Penutup :

Itu dia beberapa pakaian adat indonesia yang berasal dari bali. Kamu bisa mengetahui beberapa pakaian adat lainnya khas indonesia hanya di web kumpulanilmu yah. Apa bila artikel ini bermanfaat kamu bisa emmbagikanya ke teman – teman kamu sebagai bahan pembelajaran yah Keyword: Pakaian Adat Bali

Originally posted 2021-01-06 23:01:29.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.