Sejarah Deklarasi Bangkok Beserta Tokoh-Tokoh yang Terlibat

Deklarasi Bangkok – Deklarasi Bangkok adalah landasan kesepakatan untuk mengadakan kerja sama regional dalam bidang ekonomi, sosial, dan kebudayaan di Asia Tenggara.

Deklarasi Bangkok merupakan landasan awal adanya kerja sama di kawasan Asia Tenggara (ASEAN).

Pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand, deklarasi ini ditandatangani oleh ketua delegasi dari lima negara yang terdiri dari Adam Malik (menteri luar negeri Indonesia). Tun Abdul Razak (wakil perdana menteri Malaysia), Narciso Ramos (menteri luar negeri Filipina), S. Rajaratnam (menteri luar negeri Singapura), dan Thanat Khoman (menteri luar negeri Thailand).

√ Sejarah Deklarasi Bangkok Beserta Tokoh-Tokoh yang Terlibat
id.wikipedia.org

Hasil dari deklarasi Bangkok adalah pendirian perhimpunan di kawasan Asia Tenggara (ASEAN), maka tak jarang deklarasi Bangkok disebut juga dengan deklarasi ASEAN.

Kemudian dalam deklarasi tersebut dinyatakan pendirian perhimpunan di kawasan Asia Tenggara (ASEAN).

Perhimpunan ini didirikan dengan pertimbangan bahwa negara-negara di Asia Tenggara mempunyai tanggung jawab untuk memperkuat stabilitas ekonomi dan sosial.

Selain itu demi menjamin adanya perdamaian dan laju pembangunan nasional serta memastikan adanya stabilitas keamanan dari campur tangan luar dengan segala bentuk manifestasinya.


Tujuan Didirikannya ASEAN atau Isi Deklarasi Bangkok


Tujuh poin penting dalam isi dari deklarasi Bangkok juga digunakan sebagai tujuan dari perhimpunan ASEAN:

√ Sejarah Deklarasi Bangkok Beserta Tokoh-Tokoh yang Terlibat
ruangrakyat.com
  1. Mempercepat pertumbuhan, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara.
  2. Memelihara perdamaian dan stabilitas dengan menjunjung tinggi hukum dan hubungan antara negara-negara di Asia Tenggara.
  3. Meningkatkan kerja sama yang aktif dan saling membantu dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, teknologi dan administrasi.
  4. Saling memberikan bantuan dalam bidang fasilitas latihan dan penelitian pada bidang pendidikan, kejuruan, teknik dan administrasi.
  5. Bekerja sama lebih efektif untuk mencapai daya guna lebih besar dalam bidang pertanian, industri dan perkembangan perdagangan termasuk studi dalam hal perdagangan komoditi internasional, perbaikan pengangkutan dan fasilitas komunikasi serta meningkatkan taraf hidup rakyat.
  6. Meningkatkan studi tentang masalah-masalah di Asia Tenggara.
  7. Memelihara kerja sama yang erat dan bermanfaat dengan berbagai organisasi internasional dan regional lain yang mempunyai tujuan sama serta mencari kesempatan untuk menggerakkan kerja sama dengan mereka.

Proses Terbentuknya Deklarasi Bangkok


√ Sejarah Deklarasi Bangkok Beserta Tokoh-Tokoh yang Terlibat
mediaindonesia.com

Deklarasi Bangkok yang ditandatangani oleh lima mentri di kawasan Asia Tenggara telah menyetujui didirikannya ASEAN yang merupakan singkatan dari Association of South East Asian Nations. Yaitu perkumpulan organisasi antar negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara (Southeast Asia).

Pada awal deklarasi terdapat 5 anggota yang menjadi negara pendiri ASEAN yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina dan Thailand.

Setelah itu beberapa negara lain bergabung bersama ASEAN misalnya seperti negara Brunei Darussalam (bergabung tahun 1984), Vietnam (bergabung tahun 1995), Laos & Myanmar (bergabung tahun 1997) dan juga Kamboja (bergabung tahun 1999).

Pembentukan ASEAN dilandasi sikap hidup untuk melakukan kerja sama terutama dalam bidang ekonomi. ASEAN merupakan organisasi kerjasama negara-negara Asia Tenggara yang bersifat non-politik dan non-militer.

Adanya deklarasi ASEAN di Bangkok juga menjadi awal kerja sama antar negara-negara Asia Tenggara.

Sejarah telah mencatatnya, bahwa deklarasi Bangkok atau deklarasi ASEAN ini adalah bentuk persatuan negara-negara di Asia Tenggara. Untuk melakukan kerja sama di berbagai sektor yang dapat memajukan ekonomi dan budaya masyarakat yang tinggal di wilayah Asia Tenggara tersebut.

Kini setiap dua tahun sekali juga diadakan SEA Games untuk memajukan olah raga di kawasan Asia Tenggara yang diikuti oleh 11 negara di Asia Tenggara tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam!

Keyword: Sejarah Deklarasi Bangkok

Originally posted 2021-01-05 09:44:03.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.