Contoh Perubahan Sosial yang Sering Terjadi di Lingkungan Masyarakat

Contoh Perubahan Sosial – Sebelum kita membahas tentang contoh perubahan sosial, tentunya kita harus paham dahulu apa definisi dari perubahan sosial itu sendiri.

Definisi dari perubahan sosial adalah perubahan sosial mengacu pada perubahan yang ada di dalam proses tata sosial di masyarakat.

Perubahan sosial sendiri juga mencakup perubahan yang ada di dalam lingkungan, perubahan di dalam lembaga, perubahan perilaku, dan perubahan di dalam hubungan sosial itu sendiri. T

idak hanya itu, perubahan sosial dapat mengacu kepada gagasan dalam kemajuan sosial, evolusi sosial serta budaya. Perubahan sosial dapat berlangsung dengan sangat cepat dan bisa juga berlangsung dengan sangat lambat.

Jadi, perubahan ini umumnya tidak disadari masyarakat yang ada di dalam suatu negara karena orang-orang akan mengetahui terjadinya perubahan tersebut saat membandingkan kehidupan sosial yang terjadi di masa kini dengan kehidupan sosial yang ada di masa lalu.


Penyebab Perubahan Sosial


√ Contoh Perubahan Sosial yang Sering Terjadi di Lingkungan Masyarakat
developeraplikasi.com

Perubahan sosial yang ada di dalam kehidupan masyarakat biasanya disebabkan karena masyarakat tersebutlah yang menginginkan perubahan itu terjadi.

Perubahan sosial juga bisa saja terjadi akibat dorongan dari luar yang dapat membuat masyarakat tidak menyadari bahwa sudah terjadi perubahan tersebut.

Ada banyak sekali contoh perubahan sosial yang dapat kita bahas disini mulai dari perubahan dalam cara berkomunikasi.

Dengan hadirnya teknologi yang canggih dan maju tentu orang-orang bisa mendapatkan sesuatu dengan mudah termasuk untuk melakukan komunikasi.

Masyarakat modern kini dapat melakukan komunikasi baik secara individu maupun antar kelompok lewat internet.

Jadi komunikasi yang dilakukan sudah bisa dilakukan tanpa harus bertatap muka karena lewat internet saja, kita semua sudah bisa berkomunikasi dengan lancar.

Dengan hadirnya komunikasi lewat chatting di internet tentunya memudahkan komunikasi meski jarak yang jauh.


Contoh Perubahan Sosial


√ Contoh Perubahan Sosial yang Sering Terjadi di Lingkungan Masyarakat
compassionfield.com

Contoh perubahan sosial selanjutnya adalah terjadinya perang. Perang dapat membuat terjadinya perubahan sosial secara menyeluruh di dalam kehidupan manusia.

Karena pada saat terjadinya perang tentu kelompok masyarakat yang ada akan bersatu bersama-sama melawan musuh dan ada juga masyarakat yang akhirnya jadi terpercah karena perang yang terjadi ini.

Perubahan yang besar juga dapat membuat terjadinya perubahan sosial di dalam masyarakat misalnya ada gerakan masyarakat yang jumlahnya sangat besar.

Hal ini tentu akan membuat terjadinya perubahan sosial misalnya saja gerakan yang dilakukan mahasiswa pada tahun 1998.

Perubahan sosial juga terjadi karena perkembangan zaman itu sendiri. Jadi berkembangnya zaman dapat membuat perubahan sosial terjadi.

Misalnya sekarang ini banyak orang yang memilih bekerja dibandingkan bersosialisasi dengan lingkungan yang ada di sekitar tempat tinggal.

√ Contoh Perubahan Sosial yang Sering Terjadi di Lingkungan Masyarakat
flickr.com

Jadi masyarakat cenderung punya kesibukan masing-masing yang akhirnya sosialisasi mereka di dalam lingkungan sekitar jadi berkurang.

Contoh perubahan sosial selanjutnya adalah saat terjadinya akulturasi. Akulturasi dapat terjadi pada dua golongan masyarakat yang berbeda yang dapat membuat tata kehidupan sosial masyarakat tersebut berubah.

Jadi, akulturasi ini adalah penyatuan dari dua kebudayaan membentuk kebudayaan yang baru.

Perubahan sosial juga terjadi karena adanya perubahan itu sendiri. Jadi di dalam kehidupan masyarakat, ada individu yang menjadi lebih baik lagi setelah terjadinya perubahan sosial dan ada yang malah sebaliknya.

Itulah tadi beberapa contoh dari perubahan sosial yang bisa kita temui dengan mudah di tengah kehidupan masyarakat di lingkungan sekitar.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika perubahan sosial sendiri terjadi tidak hanya karena faktor dari luar saja melainkan juga ada faktor dari dalam masyarakat itu juga yang menginginkan terjadinya perubahan itu sendiri.

Semoga bermanfaat!

Keyword: Contoh Perubahan Sosial

Originally posted 2021-01-05 09:43:58.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.