Jenis Buket Bunga dan Masing-Masing Fungsinya

Buket Bunga – Bunga menjadi salah satu jenis tanaman yang memiliki makna istimewa. Bukan hanya karena kecantikannya saja, melainkan juga aroma dari masing-masing bunga memiliki kekhasan tersendiri.

Oleh karena itu pula sering kali bunga menjadi simbolisasi momen tertentu dan sangat beragam.

Untuk semakin memperindah bunga tersebut biasanya disusun dalam sebuah seni. Salah satu seni merangkai bunga adalah membuatnya menjadi buket (bouquet).

Berbicara mengenai buket, tidak hanya soal bentuk dan teknik merangkainya saja yang unik. Namun isian dari buket tersebut yang menjadi fokus utama.

Ya, membicarakan buket bunga maka jenis bunganya itu yang perlu diperhatikan bukan?

Bunga yang umumnya digunakan dalam buket adalah jenis bunga potong. Karena tidak mungkin anda akan memberikan hadiah beserta akar-akarnya. Tentu saja itu namanya bukan buket bunga, namun pohon atau tanamannya.

Sehingga jangan sampai salah pilih ya, yang tadinya momen-momen berkesan yang menjadi semakin indah dengan adanya buket, malah akan jadi bahan tertawaan.

Untuk itu, perlu anda ketahui jenis bunga potong yang populer digunakan sebagai buket.


Jenis-Jenis Bunga Potong


1. Bunga Mawar

Yang satu ini sudah seperti bunganya sejuta umat. Menjadi yang pertama dan utama, serta sangat umum ada pada buket bunga.

Bunga yang memiliki berbagai warna ini memang sangat dicari dan diminati banyak orang.

Selain terkenal karena keindahannya, bunga mawar memiliki makna atau filosofi yang mendalam.

Bahkan setiap jenis atau warna bunga mawar, maupun jumlah tiap tangkai yang dirangkai pun memiliki makna tersendiri. Sehingga tak salah jika bunga ini begitu populer.

Filosofi yang berkembang, secara umum bunga mawar berkaitan dengan cinta, asosiasi kecantikan, asmara, maupun persahabatan.

Khususnya bunga mawar merah yang paling populer, ia melambangkan hasrat, gairah cinta, dan hormat.

Untuk mawar yang berwarna merah lebih muda, melambangkan keanggunan, kecantikan, dan kekaguman.

Sementara mawar putih, melambangkan kesucian, ketulusan, serta kasih sayang.

Ada juga mawar kuning, yang melambangkan keceriaan, pertemanan dan sebagainya.

Meski aromanya tidak begitu kuat, namun sangat khas dan terkesan manis.

2. Bunga Lily

Setelah mawar bunga yang populer selanjutnya adalah lily. Bunga ini memiliki kesan yang sangat elegan. Memiliki lambang keanggunan dari aromanya yang sungguh memikat.

Adapun seperti bunga lainnya, masing-masing jenis atau warna bunga lily juga memiliki filosofi tersendiri.

Diantaranya seperti Calla lily yang bermakna keanggunan, Madonna lily bermakna kemurnian, dan Stargazer lily berkaitan dengan simpati, kemakmuran, keyakinan.

3. Bunga Anggrek

Bunga yang terkenal eksotis ini melambangkan keanggunan yang murni, kekuatan, dan tentu saja keindahan, bisa juga terkait dengan kekuasaan.

Anggrek sendiri merupakan salah satu bunga yang memiliki banyak spesies dan warna. Oleh karenanya untuk dijadikan buket, akan sangat beragam variasinya.

Sehingga memudahkan orang untuk memilih dan menyesuaikan dengan keinginannya.

4. Bunga Matahari

Bunga yang memiliki warna kuning mencolok ini, juga sangat populer digunakan untuk buket. Warna kuning adalah simbol ungkapan perasaan dan harapan atau optimisme.

Selain itu, didukung dengan bentuknya yang bulat dan lebar mampu memancarkan kesan keceriaan dan kekaguman.

Salah satu perilaku khas bunga matahari adalah selalu mengikuti kemanapun arah matahari bergerak, sehingga mengandung filosofi tentang kesetiaan dan kepatuhan. Simbol kesetiaan ini lebih dekat pada persaudaraan atau persahabatan.

5. Bunga Anyelir

Sama seperti anggrek, bunga ini memiliki banyak spesies dengan berbagai macam warnanya yang indah.

Dimana ragam warnanya bisa anda sesuaikan dengan suasana kebahagiaan atau kesuksesan yang diraih. Sebab bunga anyelir memiliki filosofi sebagai lambang keberuntungan.

Bisa juga untuk mengisyaratkan tentang perasaan cinta dan penghormatan dan tentunya memilki pesona daya tarik tersendiri.

Merupakan salah satu bunga yang serba guna karena selain untuk buket, juga cocok dijadikan sebagai dekorasi pesta pernikahan, keperluan festival tertentu ataupun pemakaman.

Selain harganya terjangkau, bunga anyelir mudah didapatkan dan mampu bertahan lama.


Jenis-Jenis Buket Bunga untuk Berbagai Keperluan


Selain jenis bunganya, buket bunga juga terdiri dari berbagai macam bentuk atau modelnya.

Nah, agar anda tidak salah pilih buket yang sesuai dengan fungsi atau simbolisasinya, kenali dulu yuk jenis-jenis dari buket bunga berikut ini.

a. Buket Tangan (hand bouquet/forhand)

Buket bunga jenis ini merupakan sebuah rangkaian bunga yang segar atau asli maupun artificial, dimana diikat menjadi satu untuk dipegang.

Biasanya diikat dengan menggunakan pita yang dan dihias dengan lembaran kertas sehingga semakin manis.

Bunga yang sering dijadikan buket tangan diantaranya seperti bunga mawar, lily, baby breath, krisan, anyelir, bunga matahari, dan lainnya.

Mengenai bentuknya, beberapa yang umum dijumpai ialah yang berbentuk bulat dan segitiga.

Sementara menurut fungsinya, buket tangan lebih sering digunakan sebagai hadiah atau ucapan pada momen-momen seperti ulang tahun, anniversary, kelulusan dan sebagainya.

Diantara jenis buket lainnya, buket tangan memiliki harga yang paling terjangkau. Jangan salah, meskipun terlihat simpel namun rangkaian bunganya tetap indah kok.

Cocok nih, untuk anda yang ingin memberikan karangan bunga tapi dengan budget minim.

b. Buket Meja (table flower)

Buket meja merupakan rangkaian bunga asli atau artificial yang biasanya digunakan sebagai pajangan atau hiasan diatas meja.Disusun dalam vas keramik, tanah liat, maupun yang berbahan plastik.

Untuk bentuknya sendiri, terdapat dua macam yaitu berbentuk bulat dan vertikal atau tinggi ke atas.

Jenis bunga yang kerap digunakan untuk buket meja ialah bunga lily, anturium, anggrek, hortensia, krisan, pompom dan lainnya.

Soal harga, biasanya tergantung seberapa ukuran dan banyak bunganya. Umumnya sih harganya cukup merogoh kocek anda.

Akan tetapi meskipun fungsinya memang untuk dijadikan pajangan, tapi bisa juga digunakan sebagai hadiah lho. Cukup multifungsi bukan, dan harganya sangat worth it kok.

c. Buket Box (flower box)

Jenis yang satu ini juga bisa terdiri dari serangkaian bunga asli maupun artificial, yang mana disusun dalam sebuah box.

Umumnya bahan box yang digunakan terbuat dari kertas karton tebal, maupun kardus dengan berbagai bentuk yang lucu.

Tak hanya bunga, dalam buket box ini sering ditambahi komponen pendukung, misalnya seperti boneka sebagai pemanis.

Jenis bunga yang kerap digunakan dalam buket box ini adalah bunga mawar, pikok, aster, lily, dan sebagainya.

Karena tampilannya banyak yang unik dan menarik, buket box seperti ini sangat menjadi favorit untuk diberikan pada momen-momen spesial, selain buket tangan.

Tentu karena terdapat berbagai komponen pelengkap, harga dari buket box ini lebih mahal dibandingkan dengan buket tangan. Namun, jenis buket bunga ini memang sangat recommended digunakan sebagai hadiah.

Dari sekian banyak jenis bunga dan bentuk buketnya, pasti selalu cocok untuk menemani hari-hari istimewa anda.

Jangan khawatir, buket bunga jenis apapun tidak akan pernah gagal untuk mempercantik penampilan anda.

Untuk mendapatkan buket bunga ini sangat mudah, anda bisa menemukan berbagai toko buket bunga yang tersebar di setiap kota.

Keyword: Jenis Buket Bunga

Originally posted 2020-12-25 19:13:53.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.