Biografi Brigjen Katamso – Pahlawan Revolusi Korban Peristiwa G30S PKI

Biografi Brigjen Katamso – Brigadir Jenderal atau disingkat dengan sebutan Brigjen Katamso merupakan salah satu pahlawan revolusi sekaligus pahlawan nasional Indonesia yang menjadi korban pembunuhan atas peristiwa G30S PKI.

Katamso lahir pada tanggal 5 Februari 1923 di daerah Sragen, Jawa Tengah. Kemudian meninggal di usia 42 tahun, tepatnya pada tanggal 1 Oktober 1965, Yogyakarta.


Jenjang Pendidikan Biografi Brigjen Katamso


√ Biografi Brigjen Katamso - Pahlawan Revolusi Korban Peristiwa G30S PKI
nasional.okezone.com

Usai menuntaskan Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah, beliau meneruskan kembali pendidikannya di bidang militer dengan menjadi tentara Peta yang berlokasi di Bogor.

Kemudian bergabung dengan TKR (sekarang TNI) di masa kemerdekaan.


Karir Militer Brigjen Katamso


√ Biografi Brigjen Katamso - Pahlawan Revolusi Korban Peristiwa G30S PKI
facebook.com

Tatkala agresi militer Belanda berlangsung, Brigjen Katamso pun berkali-kali turut mempimpin sejumlah pasukan TNI demi mengusir tentara kolonialis.

Sayangnya, kondisi awal kedaulatan Republik Indonesia kala itu masih sering diguncang oleh segelintir peristiwa, baik dari dalam dan luar negeri.

Salah satunya yakni peristiwa pemberontakan Batalyon 426 tahun 1951 di daerah Jawa Tengah.

Tepat pada saat itu Negara Indonesia telah diakui sebagai negara merdeka dalam kancah Internasional. Beliau beserta pasukannya dibebankan tugas untuk melawan para pemberontak tersebut.

Singkat cerita, tepatnya pada 1958, dimana beliau kembali memimpin dan mendapat jabatan sebagai Komandan Batalyon “A”.

Beliau tergabung dalam pasukan yang dipimpin oleh Kol. Ahmad Yani, yakni pasukan Komando Operasi 17 Agustus. Kali ini beliau dibeban-tugaskan kepada untuk menumpas para pemberontak PRRI/Peremesta.

(bersambung)

Keyword: Brigjen Katamso

Originally posted 2021-01-01 03:16:30.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.