Tujuan dan Tugas Bank Indonesia

Bank Indonesia – Dewasa ini nyaris dapat dipastikan bahwa tidak ada yang tidak mengenal Bank, tidak terkecuali Bank Indnesia. Namun, kadang ada juga yang masih bingung tentang apa dan bagaimana sebenarnya Bank Indonesia itu.

Misalnya, ada juga yang menyamakan antara Bank Indonesia dengan Bank rakyat Indonesia atau Bank Negara Indonesia. Padahal ketiga Bank tersebut memiliki perbedaan yang sangat mendasar.

Jadi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan Bank Indonesia? Bank Indonesia merupakan Bank Sentral Republik Indonesia. Patut dicatat bahwa Bank Indonesia ini adalah Bank yang berbadan hukum yang mana memiliki kewenangan untuk melakukan perbuatan hukum.

Adapun Bank Indonesia atau BI ini dipimpin oleh seorang Dewan Gubernur. Adapun tugasnya dan wewenangnya sangat vital.

Untuk Dewan ini mencakup seorang Gubernur sebagai leader, didampingi oleh seorang Deputi Gubernur Senior yang mana bertindak selaku wakil.

Untuk pembantu dewan Gubernur ini paling sedikit empat atau paling banyak tujuh Deputi Gubernur.

Nah, demikian sekilas mengenai apa itu Bank Indonesia, selanjutna kita akan berkenala dengan tujuan dan tugas dari Bank Indonesia.


Tujuan dan Tugas Bank Indonesia


√ Bank Indonesia | Tugas dan Peran BI Sebagai Bank Sentral Negara
boombastis.com

Beberapa dokument yang dapat kita telusuri menegaskan bahwa Bank Indonesia ini memiliki tujuan untuk mencapai dan memelihara kestabilan nilai tukar rupiah. Kenapa harus stabil? Karena kestabilan nilai rupiah tersebut setidaknya akan mencakup dua aspek:

• Kestabilan nilai mata uang terhadap barang dan jasa \
• Dan juga kestabilan terhadap mata uang negara lain.

Terkait point pertama tercermin pada perkembangan akan laju inflasi. Untuk point yang kedua bergerak pada perkembangan nilai tukar rupiah terhadap mata uang negara-negara lain.

Nah, dalam mencapai tujuan tersebut, dalam dokumentnya dijelaskan bahwa Bank Indonesia melaksanakan suatu kebijakan moneter secara berkelanjutan, konsisten, transparan, dan tidak kalah pentingnya yaitu harus mempertimbangkan kebijakan umum Pemerintah dalam bidang perekonomian.

Lebih jauh, dalam mencapai tujuan tersebut, penting juga dipahami bahwa Bank Indonesia memiliki tiga tugas yang mana dikenal dengan Tiga Pilar Bank Indonesia, hal ini termaktub dalam paragraf sebelumya yaitu:

• Pertama, menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter,
• Kedua, mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran,
• Serta, ketiga, mengatur dan mengawasi Bank.

Disebabkan ketiga tugas tersebut yang mana memiliki keterkaitan, karenanya harus dilakukan secara saling berkaitan, terhubung dan juga saling mendukung agar tercapai tujuan dari Bank Indonesia secara efektif dan efisien.

Agar lebih mudah dipahami akan diulas point-point sebagaimana hal berikut ini.

√ Bank Indonesia | Tugas dan Peran BI Sebagai Bank Sentral Negara
tirto.id

1. Bank Indonesia dan Kebijakan Moneter

Bank Indonesia dalam kebijakan moneter maksudnya yaitu suatu otoritas moneter dalam hal ini Bank Sentral atau Bank Indonesia untuk pengendalian agregat moneter, misalnya uang beredar, uang yang bersifat primer, ataupun juga kredit perbankan.

Hal-hal tesebut berfungsi untuk mencapai perkembangan kegiatan perekonomian yang diinginkan dan sesuai harapan.

2. Bank Indonesia dan Kebijakan Sistem Pembayaran Nasional

Adapun dalam kebijakan sistem pembayaran nasional Bank Indonesia memiliki otoritas untuk mengatur dan menjaga sistem pembayaran nasional, apakah dalam bentuk tunai maupun dalam bentuk non tunai.

Untuk sistem pembayaran secara tunai diberikan wewenang penuh dalam mengeluarkan dan mengedarkan uang Rupiah.

Selain itu, juga berwenang untuk mencabut, menarik dan memusnahkan uang dari peredaran yang ada di Negara Indonesia.

Untuk sistem pembayaran secara non tunai, disediakan layanan pembayaran berupa pembayara elektronik melalui suatu sistem Real Time Gross Settlement (BI-RTGS). Selain itu, Bank Indonesia berwenang melaksanakan dan juga memberi izin kepada instansi tertentu khususnya, Bank-bank tertentu, dalam hal menyelenggarakan jasa sistem pembayaran misalnya, sistem transfer maupun sistem pembayaran yang lain.

3. Bank Indonesia dan Kebijakan dalam Pengaturan dan Pengawasan Bank

Terakhir Bank Indonesia memiliki otoritas dan wewenang dalam hal menetapkan peraturan, mengeluarkan peraturan dan juga mencabut izin atas kelembagaan.

Demikianlah sekilas artikel tentang Bank Indonesia, semoga hal ini dapat membantu Anda dalam memahami apa dan bagaimana Bank Indonesia.

Keyword:  Tujuan dan Tugas Bank Indonesia

Originally posted 2021-01-08 13:49:38.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.