Bagian Telinga dan Fungsinya Beserta Penjelasan Lengkapnya

Salah satu organ tubuh yang sangat penting untuk menunjang aktivitas manusia adalah telinga. Telinga merupakan organ tubuh yang fungsinya adalah sebagai indera pendengaran dan menjaga keseimbangan tubuh.

Melalui organ telinga kita bisa mendengar suara ataupun bunyi karena pada telinga sendiri terdapat reseptor khusus yang fungsinya untuk mendengar dan mengenali getaran bunyi yang ada.

Teliga punya kelemahan ataupun batasan frekuensi suara yang bisa didengar yakni frekuensinya hanya 20 Hz- 20.000 Hz.

Salah satu panca indera ini tujuannya adalah sebagai alat pendengaran jadi telinga digunakan untuk mendengarkan sesuatu yang ada di sekitar.

Telinga memiliki 3 bagian dan setiap bagian punya tugas dan fungsinya masing-masing.

√ Bagian Telinga dan Fungsinya Beserta Penjelasan Lengkapnya
klikdokter.com

Bagian telinga yakni telinga luar, tengah, dan juga dalam. Ketiganya punya peranan yang sangat penting untuk proses pendengaran karena setiap bagian tersebut akan sangat membantu proses pendengaran.

Apabila salah satunya mengalami gangguan atau tidak berfungsi dengan baik yang terjadi adalah gangguan-gangguan yang dapat membuat proses pendengaran jadi terhambat sehingga dapat membuat suara yang kita dengar jadi tidak jelas atau bahkan hingga tuli.

Jadi, sudah sebaiknya untuk menjaga dan merawat telinga kita dengan baik agar fungsi-fungsi dari tiap bagian yang ada tidak mengganggu jalannya proses penangkapan suara itu sendiri.

Nah, di artikel kali ini akan akan membahas fungsi dari setiap organ penyusun telinga. Yuk, simak artikel ini!


Fungsi Bagian-Bagian Telinga


√ Bagian Telinga dan Fungsinya Beserta Penjelasan Lengkapnya
emaze.com

Untuk kamu yang tengah mencari bagian telinga dan fungsinya, telinga punya reseptor khusus yang fungsinya dapat mengenali getaran suara atau bunyi yang ada.

Telinga dapat berguna sebagai indra keseimbangan dan telinga juga dibagi ke dalam tiga bagian yakni luar, tengah dan dalam.

Telinga luar berfungsi untuk menangkap getaran bunyi dimana pada bagian ini terdiri dari daun telinga, liang, kelenjar minyak, serta selaput gendang.

Telinga tengah fungsinya untuk menjaga agar tekanan udara tetap dalam posisi yang seimbang.

Dan bagian yang ketiga adalah telinga dalam dimana pada bagian ini terdapat sebuah saluran yang berlekuk-lekuk dan susunannya terdiri dari lingkap korong, lingkap bundar, tiga saluran setengah lingkaran serta koklea.

Setelah mengetahui fungsi masing-masing bagian dari telinga, kamu juga harus tahu jika pada telinga bisa saja terjadi gangguan-gangguan yang dapat menghambat proses penangkapan bunyi yang ada.

Selain dapat berfungsi sebagai indra pendengaran, telinga juga dapat menjadi alat untuk menyeimbangkan tubuh.

Jadi, jika kita tidak emiliki perilaku hidup yang sehat tentu hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kerja dari telinga itu sendiri.

Misalnya saja kita membersihkan telinga menggunakan cuttonbud yang cara penggunaannya salah, atau mendengar musik yang disetel pada tingkat volume yang keras, dan masih banyak hal buruk lain yang akan sangat berpengaruh pada fungsi telinga itu sendiri.

√ Bagian Telinga dan Fungsinya Beserta Penjelasan Lengkapnya
deherba.com

Sementara untuk cara kerja telinga, kamu harus tau jika proses bunyi yang bisa kita dengar awalnya tentu masuk ke dalam telinga yang ditangkap daun telinga.

Jadi bunyi ini akan diteruskan ke telinga dalam kemudian diteruskan lagi ke otak lewat saraf pendengaran hingga bisa kita dengarkan bunyi apa itu.

Jadi itulah tadi penjelasan mengenai bagian telinga dan fungsinya, gangguan pada telinga serta cara kerja telinga.

Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kamu yang saat ini ingin mengetahui banyak hal tentang fungsi dari telinga itu sendiri.

Keyword: Bagian Telinga dan Fungsinya

Originally posted 2021-01-03 17:15:45.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.